Inilah Penyabab Bayi Menangis Saat Dipijat Tukang Pijat

Jika dipijat tukang pijat, anak cenderung akan menangis. Tapi sebaliknya jika yang memijat ayah atau bundanya anak cenderung diam. Mengapa?

Inilah Penyabab Bayi Menangis Saat Dipijat Tukang Pijat
net
ilustrasi bayi menangis

BANGKAPOS.COM, JAKARTA – Jika dipijat tukang pijat, anak cenderung akan menangis. Tapi sebaliknya jika yang memijat ayah atau bundanya anak cenderung diam. Mengapa?

"Anak biasanya tenang kalau dipijat orangtuanya karena yang diberikan sebenarnya sentuhan yang kekuatannya pada telapak tangan,"  kata Rini saat seminar media dan peluncuran modul Pijat Bayi dan Batita Untuk Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak yang diadakan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang Jakarta  belum lama ini.

Rini mengibaratkan, seorang anak yang dipijat tukang pijat diperlakukan seperti  membuat martabak, di bolak-balik dan dibanting berulang-ulang sehingga tidak jarang bayi justru memar dan patah tulang.

"Tukang pijat biasanya bekerja menggunakan dengan kekuatan lengan atas. Dipastikan seorang anak yang menangis saat dipijat  berarti ada yang salah,"  katanya.
   
Sejumlah pakar telah melakukan penelitian apakah pijat bayi yang benar  berdampak buruk. Vikers dkk telah melakukan telaah 131 penelitian ternyata tidak ada efek samping pemijatan.

Juga Zealy melakukan critical review 76 penelitian mendapatkan hasil tidak ada data pijat bayi yang berbahaya bagi bayi.

Tags
bayi
Editor: asmadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help