BangkaPos/

Mashabane: Kemerdekaan Afsel Belum Komplet Tanpa Kemerdekaan Palestina

Kami juga ingin agar Palestina punya pemerintahan yang baik dan itu juga perlu bantuan dan dukungan negara kita setiap tahun dalam KTT

Mashabane: Kemerdekaan Afsel Belum Komplet Tanpa Kemerdekaan Palestina
Kompas.com/SABRINA ASRIL
Menteri Luar Negeri Afrika Selatan Maite Nkoana-Mashabane dan Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa.

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Afrika Selatan (Afsel) Maite Nkoana-Mashabane memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina. Mashabane hadir di sela-sela acara "Conference among East Asian Countries for Palestinian Development (CEAPAD) II" di Jakarta, Sabtu (1/3/2014).

"Kami juga ingin agar Palestina punya pemerintahan yang baik dan itu juga perlu bantuan dan dukungan negara kita setiap tahun dalam KTT, kami ambil inisiatif tersebut," ucap Mashabane.

Ia memuji sikap Indonesia yang masih memperhatikan Palestina meski saat ini tengah disibukkan dengan agenda pelaksanaan Pemilu. Mashabane juga memuji Jepang yang mengambil inisiatif dalam melaksanakan CEAPAD.

Lebih lanjut, Mashabane bercerita tentang kemerdekaan Afrika Selatan yang dicapai melalui perjuangan keras. Pada April 2014 ini, ucap Mashabaen, Afrika Selatan akan merayakan hari kemerdekaannya yang ke-20.

"Namun, kemerdekaan kami belum komplet tanpa kemerdekaan Palestina," ucap Mashabane di hadapan Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa, Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida, dan Menteri Luar Negeri Palestina Moshe Yaalon.

Kehadiran Afrika Selatan ke Jakarta kali ini adalah untuk meluncurkan program New Asia-Africa Strategic Partnership (NAASP) fase kedua mengenai pembangunan Palestina yang dilakukan dalam rangka penyelenggaraan CEAPAD.

Sebelumnya, dukungan terhadap Palestina mengalir dari negara-negara peserta CEAPAD yang terdiri dari negara ASEAN, Jepang, dan Cina. CEAPAD dimotori Jepang untuk membangun kesadaran membantu rakyat Palestina melalui bantuan kemanusian, bantuan perekonomian, dan pelatihan para tenaga kerja.

Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help