Pernikahan Dini, Mayoritas Pengantin Perempuannya Hamil

Angka pernikahan di bawah umur di Yogyakarta terbilang cukup tinggi. Berdasarkan data dari kantor Pengadilan Agama (P

Pernikahan Dini, Mayoritas Pengantin Perempuannya Hamil
Shutterstock
Ilustrasi

BANGKAPOS.COM, YOGYAKARTA - Angka pernikahan di bawah umur di Yogyakarta terbilang cukup tinggi. Berdasarkan data dari kantor Pengadilan Agama (PA) Kota Yogyakarta selama tahun 2013 tercatat 49 kasus, sedangkan dari Januari sampai Februari 2014 ini, telah ada 8 kasus pernikahan di bawah umur. 

"Permintaan dispensasi perkawinan ke Pengadilan Agama didominasi oleh kalangan remaja tingkat SMP dan SMA," jelas Humas Pengadilan Agama Kota Yogyakarta, Ahmad Zuhdi, Jumat (14/03/2014). 

Ahmad Zuhdi menuturkan, rata-rata umur yang mengajukan permintaan dispensasi pihak laki-laki di bawah 19 tahun dan pihak perempuan di bawah 16 tahun. Ironisnya, dari permintaan dispensasi perkawinan, kebanyakan perempuannya sudah dalam keadaan hamil. 

"Kebanyakan mereka datang ke pengadilan dengan kondisi pihak perempuan sudah hamil," jelasnya. 

Tingginya kawin muda di Kota Yogyakarta ini, lanjutnya, akibat maraknya pergaulan bebas serta kurangnya pengawasan dan perhatian dari pihak keluarga. Selain itu, karena rendahnya moralitas dan kurangnya pendidikan. 

''Semuanya kembali pada pribadi masing-masing individu," katanya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Edy Heri Suasana mengatakan, pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin dalam upaya menekan pergaulan bebas. 

Upaya sudah dilakukan sejak lama. Salah satunya dengan memberikan pelajaran tentang reproduksi dan bahayanya di dalam kurikulum. Seperti pada mata pelajaran Biologi, Pendidikan Kewarganegaraan serta Bimbingan Konseling (BK) oleh guru BK. 

"Perlu kerja sama beberapa pihak, selain pendidikan juga lingkungan dan keluarga," pungkasnya.

Simak berita lengkapnya di Bangka Pos/Pos Belitung/Koran BN edisi cetak.

Tags
Pernikahan
Editor: emil
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved