Baca Edisi Cetak Bangka Pos

Agribisnis Masa Depan Bangsa

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan. Apalagi dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin hebat

Oleh: Rizki Redha
Mahasiswa jurusan Agribisnis  Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi UBB        

**
Pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan. Apalagi dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin hebat, pendidikanpun menjadi prioritas utama dalam mencari bibit unggul serta menyiapkan arsitek - arsitek masa depan. Indonesia adalah salah satu dari sekian banyak Negara  yang ada di dunia ini yang sangat peduli akan pendidikan generasi penerusnya. Dari mulia jenjang PAUD hingga universitas menjadi focus pemerintah demi kemajuan negeri ini.

Apalagi di kalangan universitas yang merupakkan ujung tombak dari kemajuan negeri ini. Pasalnya setiap universitas yang ada di indonesia memiliki keunggulan - keunggulan tersendiri dari aspek jurusan atau konsentrasi yang diminati oleh calon mahasiswa dalam menjawab tantangan dunia, salah satunya adalah agribisnis.

Agribisnis adalah jurusan yang mempunyai keunikan tersendiri didalam komuditasnya yaitu pertanian. Jurusan yang memberikan gambaran tentang suatu system dan pola yang dibutuhkan oleh Negara ini dalam mengelola ekonomi pertanian dan manajemen pemasaran yang dibutuhkan oleh petani indonesia, yang diharpakan mampu menjadi salah satu awal dari kemajuan dan harapan petani indonesia dalam mengelola pemasaran komoditasnya.
Sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik serta harapan baru terhadap petani serta dapat bersaing dengan Negara asing.

Jurusan yang merupakan salah satu konsentrasi pemerintah terhadap pemasaran produk pertanian indonesia ini. Memberikan harapan baru serta jawaban atas kegundahan dan keluhan petani indonesia. petani indonesia yang selalu dihantui dengan produk impor dari asing yang selalu muncul , membuat petani harus mampu bersaing secara global. Sehingga petani dituntut untuk bisa menguasi pasar secara nasional maupun international melalu ilmu agribisnis.

Seharusnya pemerintah  lebih maksimal lagi dalam memberikan dukungannya terhadap jurusan agribisnis dikalangan kampus. Karena agribisnis merupakan suatu jurusan yang nanti diharapkan akan mampu mengelola pemasaran komoditas pertanian indonesia baik ekspor maupun impor.

Sudah cukup selama ini Negara kita dibodoh - bodohi oleh produk - produk luar negeri yang tidak kita ketahui asal usulnya, kandungan tanahnya, kandungan mineralnya serta kandungan senyawa yang ada didalam tanaman yang di impor dari luar negeri. Selama ini telah banyak kasus yang terjadi terhadap petani indonesia, kesejahteraan yang semakin menurun karena perbuatan elit Negara yang tidak bisa mengelola dengan baik mesin - mesin Negara ini.  (*)

Selengkapnya Baca Bangka Pos Edisi Cetak, Sabtu (22/3/2014)

Editor: asmadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help