BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Jadikan Lempah Kuning Kuliner Favorit Wisatawan

Lempah Kuning yang menjadi kuliner favorit sebagian masyarakat Bangka

Jadikan Lempah Kuning Kuliner Favorit Wisatawan
Bupati Bangka H Tarmizi H Saat dan Wakil Bupati Bangka Rustamsyah asyik santap siang lempah kuning kepala kakap, Senin (24/3/2014) di Warung Makan Mak Ijah (dok: humas pemkab bangka)

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Lempah Kuning yang menjadi kuliner favorit sebagian masyarakat Bangka, bisa menjadi potensi utama  dalam mengembangkan wisata kuliner.

Kuliner khas Pulau Timah ini kaya akan rempah-rempah dengan bumbu kunyit, laos, kemiri, bawang, bawang merah, cabe dan tidak lupa terasi atau yang dikenal dengan belacan sebagai penambah nikmat masakan daerah ini. Bangka yang merupakan daerah kepulauan kaya akan hasil laut dan potensi ikan air tawarnya sehingga lempah kuning menjadi makanan yang bercita rasa tinggi.

"Lempah kuning  ini merupakan makanan khas kita yang mesti kita promosikan keluar untuk menjadi magnet kita dalam mengembangkan wisata Bangka," kata Tarmizi Saat bersantap siang bersama Wakil Bupati Bangka Rustamsyah, Senin (24/3/2014) di Warung Makan Mak Ijah.

Selain Lempah Kuning, menurutnya, banyak sekali makanan dan masakan yang bisa dipromosikan untuk wisatawan mulai dari rusip, calo, pekasem, dan makanan lainnya.

"Banyak cara kita, mulai pameran, promosi, sampai wadah dan acara kita. Mari kita perkenalkan dan giatkan makanan khas kita sehingga mampu bersaing dengan daerah lain. Lombok punya peclingnya, kita punya lempah kuning," promosi Tarmizi.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help