• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Bangka Pos

Honor Linmas Rp 250 Ribu per Anggota

Kamis, 27 Maret 2014 09:25 WIB

PANGKALPINANG, BANGKA POS -- Setiap anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) atau biasa disebut Hansip yang bertugas mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pemilu tanggal 9 April mendatang akan mendapat honor Rp 250 ribu. Untuk Pangkalpinang terdaftar 814 anggota yang akan bertugas mengamankan TPS pemilu.
Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpollinmas) Kota Pangkalpinang, Anggo Rudi mengatakan personel linmas bertugas, antara lain mengawal logistik dan menjaga di pintu keluar serta masuk TPS.
"Setiap TPS akan kami tempatkan minimal dua orang linmas. Tugas mereka yaitu untuk membantu aparat lainnya yang juga bertugas dalam melakukan pengamanan di masing - masing TPS," kata Anggo kepada Bangka Pos, Rabu {26/3} di ruang kerjanya.
Anggo mengatakan pembayaran honor linmas menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Hingga saat ini, pihaknya masih menunggu surat keputusan Kementerian Dalam Negeri dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat tentang jumlah honor setiap anggota linmas yang bertugas dalam pengamanan pemilu mendatang.
"Sesuai informasi, petugas linmas yang berjaga di TPS pemilu pada hari pemungutan suara akan diberi honor berkisar Rp 250 ribu. Untuk kepastiannya masih menunggu keputusan pemerintah pusat," katanya
Anggo Rudi menjelaskan personel limas yang bertugas pengamanan pemilu harus berkoordinasi dengan pihak terkait yaitu Polres Kota Pangkalpinang dan Kodim 0413 Bangka. Berdasarkan data yang ada, Kota Pangkalpinang memiliki 704 TPS yang tersebar di 7 Kecamatan di Kota Pangkalpinang. Untuk jumlah TPS di setiap kelurahan bervariasi, tergantung dari jumlah pemilih di masing-masing tempat.
"Linmas sendiri bertugas mengamankan wilayah pemilihan di wilayah masing-masing pada hari pemilihan sejak pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai. Lain halnya dengan Linmas TPS, bertugas mengawal sampai dengan ke PPS kecamatan," jelas Anggo Rudi.
Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Pangkalpinang, Abdullany, mengatakan pihaknya juga belum dapat memastikan terkait alokasi honor petugas linmas yang bertugas di setiap TPS. Menurut dia, para petugas linmas tetap disebar di sekitar TPS untuk mengamankan proses pemungutan suara.
Selain itu, Abdullany menjelaskan para petugas linmas bertugas memantau dan memonitor pelaksanaan pemungutan suara di luar area lokasi TPS. Selama bertugas, para petugas linmas membantu aparat kepolisian yang disebar di setiap desa.
"Berdasarkan informasi lisan ada alokasi anggaran honor petugas linmas. Namun, hingga sekarang kami juga masih menunggu kepastiannya," terangnya. (mg1)

Editor: emil
Sumber: bangkapos
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
874763 articles 12 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas