Home »

Lokal

» Bangka

Achyaruddin: Pariwisata di Bangka Seperti Mutiara Terpendam

Dia kurang gosok saja supaya mengkilap. Infrastrukturnya untuk awal menggerakan dunia pariwisata dari segi alam, budaya

Achyaruddin: Pariwisata di Bangka Seperti Mutiara Terpendam
bangkapos.com/nurhayati
Masyarakat Kampung Matras dan para siswa Setia Budi Sungailiat menganggung dulang membawakan makanan pada Adat Nganggung untuk santap siang para peserta Sungailiat Triathlon, Sabtu (19/4/2014) di Pantai Matras. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus Kementarian Pariwisata, Achyaruddin menilai potensi pariwisata di Bangka seperti mutiara yang terpendam yang perlu dipoles agar bersinar.

"Dia kurang gosok saja supaya mengkilap. Infrastrukturnya untuk awal menggerakan dunia pariwisata dari segi alam, budaya, masyarakat jarang di Indonesia memiliki komunitas seperti di Bangka," puji Achyaruddin, kepada bangkapos.com saat menyaksikan Sungailiat Triathlon di Pantai Matras, Sabtu (19/4/2014).

Ia mengatakan, kondisi di Bangka aman, damai dan kondusif, masyarakatnya harmonis dengan berbagai suku, agama dan ras yang berbeda sehingga memberikan warna indah dalam kehidupan.

"Tidak pernah ada peristiwa (konflik-red-red) tentang Bangka. Bagi kami di dunia pariwisata ini potensi namanya karena kunci di pariwisata adalah keamanan karena yang lain bisa diciptakan," jelas Achyaruddin.

Untuk itu, kata Achyaruddin, perlu membangun komitmen antara kementerian pariwisata dan Bupati Bangka dia optimis lima tahun ke depan dunia pariwisata bisa terjadi perubahan.

Namun harus intens tidak boleh berubah dan fokus sehingga bisa dikenal dunia luar.

"Untuk memancing, seperti Jember Fashion Festival selama 12 tahun dia baru bisa dikenal dunia, dia bekerja sendiri dengan pemda tanpa tim besar. Kalau network kita kuat didukung federasi, pemda, pemprov saya kita tidak mencapai 12 tahun sudah keluar," kata Achyaruddin optimis.

Penulis: nurhayati
Editor: asmadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help