BangkaPos/

Posisi Aburizal Diuntungkan Dengan Kedekatan Jokowi dan Prabowo

Direktur Eksekutif Polcomm Institute Heri Budianto menilai kedekatan Presiden

Posisi Aburizal Diuntungkan Dengan Kedekatan Jokowi dan Prabowo
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan tertutup di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/1/2015). Presiden Jokowi dan Prabowo mengatakan mereka bertemu dalam rangka silaturahmi yang membicarakan masalah terkini bangsa. (Tribunnews/HO/Setpres/Rusman) 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Polcomm Institute Heri Budianto menilai kedekatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Koalisi Merah Putih (KMP), secara tidak langsung menguntungkan kubu Aburizal Bakrie dalam dualisme kepemimpinan di internal Partai Golkar.

Kedekatan Jokowi dengan koalisi yang berada di luar pemerintahan tersebut, menurut Heri, semakin jelas terlihat setelah dilakukannya pertemuan antara Jokowi dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Merdeka.

"Kalau dilihat dari situasi politik saat ini, Golkar versi Munas Bali, lebih menguat posisinya dan memegang kendali secara politik," ujar Heri dalam keterangan pers, Sabtu (31/1/2015).

Menurut Heri, kekuatan kubu Aburizal akan menguat, karena posisi tawarnya pada Presiden dan pemerintah menjadi sangat kuat. Heri mengatakan, kedekatan Jokowi dengan KMP disebabkan oleh kepentingan Jokowi untuk memperoleh dukungan KMP, apabila pada akhirnya Jokowi membatalkan pelantikan Komjen (Pol) Budi Gunawan sebagai kepala Polri.

Dengan kondisi seperti ini, sebut, Heri, akan semakin sulit bagi kedua kubu dalam internal Partai Golkar untuk mencapai islah dan menyelesaikan dualisme kepemimpinan. Padahal, pada tahun ini seluruh partai politik akan bersaing dalam pemilihan kepala daerah serentak.

Jika masalah internal tak kunjung selesai, dikhawatirkan kader-kader Golkar tidak bisa mengikuti pilkada tersebut. "Mestinya elite Golkar mengedepankan kepentingan partai dan segera menyelesaikan persoalan. Khususnya Aburizal dan Agung Laksano, tidak boleh saling sandera yang kemudian merugikan Golkar secara keseluruhan," kata Heri.

Tags
jokowi
Editor: edwardi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help