Jasa Raharja: Santunan Kecelakaan Tergantung Kejadian

Setiap orang atau siapa pun yang mengalami kejadian kecelakaan di jalan atau lakalantas berhak mendapat santunan dana senilai

Laporan wartawan Bangkapos Ryan A Prakasa

BANGKAPOS.COM,BANGKA --Setiap orang atau siapa pun yang mengalami kejadian kecelakaan di jalan atau lakalantas berhak mendapat santunan dana senilai Rp 10 juta. Demikian hal itu disampaikan oleh Kepala Perwakilan PT Jasa Raharja kota Pangkalpinang, Muharto kepada bangkapos.com, Jumat (6/2/2015) ditemui di kantornya.

Ia menjelaskan lebih detil, asuransi kecelakaan jasa raharja adalah jaminan (asuransi) yang diberikan oleh pemerintah melalui PT Jasa Raharja yang diatur berdasarkan UU No. 33 dan No. 34 Tahun 1964.

"Jadi jika ada masyarakat yang mengalami kecelakaan di jalan umum, maka kita bisa melakukan pengajuan santunan (klaim--red) ke PT Jasa Raharja setempat. Jika saat terjadi kecelakaan kita memenuhi syarat-syarat dalam pengajuan santunan, maka kita berhak mendapatkan santunan seperti biaya berobat hingga biaya paska insiden," jelas Muharto.

Berapa besar santunan asuransi kecelakaan jasa raharja yang layak diterima tergantung dengan kejadian kecelakannya.

Dia menjelaskan dari rincian besar santunan tersebut dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori kendaraan umum Darat/Laut dan kategori Kendaraan umum udara. Adapun besar santunan dari dua kategori tersebut adalah untuk Angkutan Umum Darat/Laut :
Jika terjadi kecelakaan disaat menggunakan angkutan umum darat/laut, maka anda berhak mendapatkan santunan dari PT Jasa Raharja. Adapun besar nominal santunan tersebut adalah jika dalam kecelakaan tersebut korban meninggal dunia, maka berhak mendapatkan santunan sebesar 25.000.000 (25 juta) Rupiah disertai biaya penguburan sebesar 2.000.000 (2 Juta) Rupiah.

Dan jika dalam kecelakaan tersebut korban dinyatakan cacat tetap, maka maksimal bisa mendapatkan santunan sebesar 25.000.000 (25 Juta) Rupiah. Begitu pula jika di dalam kecelakaan tersebut korban tidak meninggal dunia dan tidak mengalami cacat tetap atau cacat seumur hidup, maka berhak mendapatkan santunan biaya perawatan yang nilai maksimalnya adalah sebesar Rp 10.000.000 (10 Juta) rupiah.

Penulis: ryan augusta
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved