Sidi Manfaatkan Limbah Ikan Untuk Pakan Lele

Dalam menjalankan usaha budidaya ikan tawar, terutama jenis ikan lele dumbo dan patin, salah satu faktor biaya operasional pemeliharaan yang

Sidi Manfaatkan Limbah Ikan Untuk Pakan Lele
Bangkapos.com/Edw
Sidi sedang menjemur limbah tulang ikan kepetek di areal kolan ikannya. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dalam menjalankan usaha budidaya ikan tawar, terutama jenis ikan lele dumbo dan patin, salah satu faktor biaya operasional pemeliharaan yang membutuhkan biaya (modal) terbesar terletak pada pakan ikan.

Bila petani pembudidaya hanya mengandalkan pakan ikan dari pelet ikan buatan pabrik, dipastikan keuntungan yang diperoleh sedikit (tipis), bahkan cenderung merugi apalagi saat ini harga pelet ikan cukup mahal dan terus mengalami kenaikan.

Karena itu salah satu cara mensiasati untuk menekan biaya operasional pakan ikan bisa digunakan pakan alternatif dengan memanfaatkan limbah buangan tulang ikan kepetek.

Seperti yang dilakukan Sidi, warga Kampung Padang Lalang Kelurahan Air Jukung Kecamatan Belinyu ini memanfaatkan limbah tulang Gikan kepetek sebagai pakan alternatif untuk budidaya ikan air tawar, jenis lele dumbo dan patin.

"Bersyukurlah kami disini banyak limbah tulang ikan kepetek, sehingga bisa dimanfaatkan untuk pakan alternatif untuk pakan ikan lele dan patin," kata Sidi yang ditemui Bangkapos.com, Senin (23/2/2015) di areal kolam ikannya Kampung Padang Siput Kelurahan Air Jukung Kecamatan Belinyu.

Penulis: edwardi
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved