BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Pejabat dan Undangan Disuguhi Kue Sakjan

Bupati Bangka H Tarmizi Saat bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan Babel drg Mulyono Susanto, Wakil Bupati Bangka Rustamsyah,

Pejabat dan Undangan Disuguhi Kue Sakjan
Bangkapos.com/Nurhayati
Bupati Bangka H Tarmizi Saat bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan Babel drg Mulyono Susanto, Wakil Bupati Bangka Rustamsyah, Ketua DPRD Bangka Parulian, Pengurus Majelis Agama Konghucu Indonesia (MAKIN) Kabupaten Bangka dan masyarakat lainnya, Sabtu (28/2/2015) malam menikmati Kue Sakjan saat penutupan Festival Ceria Imlek tahun 2015 di Desa Rebo. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Bupati Bangka H Tarmizi Saat bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan Babel drg Mulyono Susanto, Wakil Bupati Bangka Rustamsyah, Ketua DPRD Bangka Parulian, Pengurus Majelias Agama Konghucu Indonesia (MAKIN) Kabupaten Bangka dan masyarakat lainnya, Sabtu (28/2/2015) malam disuguhi Kue Sakjan saat penutupan Festival Ceria Imlek tahun 2015 di Desa Rebo.

Kue yang terbuat dari beras ketan berbentuk bola warna-warni yang dimakan bersama air jahe ini merupakan kue khas warga Tionghoa.

"Ini memang kue khas Tionghoa, dibuat dari ketan, enak karena ada jahenya," ungkap Tarmizi mencicipi Kue Sakjan.

Sementara itu Ketua PKK Kabupaten Bangka menilai kue ini enak dan bisa dipromosikan menjadi wisata kuliner.
Diakui Agung Setiawan, Tokoh masyarakat Desa Rebo, Kue Sakjan ini merupakan kue dari China.

Kue ini disajikan pada musim dingin dan monem dimana para keluarga berkumpul di kediaman orang tua masing-masing.
"Kue Sakjan biasa dibuat dan disajikan bersama keluarga. Kue Sakjan ini berbahan tepung ketan, dicampur dengan air jahe, dan bermanfaat untuk penghangat tubuh," jelas Agung.

Biasanya kue ini dibuat saat saat musim dingin tiba dan setiap rumah, wajib menyajikan kue ini. "Kue Sakjan ini melambangkan kebersamaan dan kesatuan berbeda-beda, namun tetap satu," kata Agung.

Penulis: nurhayati
Editor: emil
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help