Provinsi Bangka Belitung Masuk 10 Besar Peringkat HIV/AIDS se-Indonesia

Angka Prevalensi HIV/AIDS Indonesia per September 2014 yang dikeluarkan oleh Kementerian Keseharan RI cukup

Provinsi Bangka Belitung Masuk 10 Besar Peringkat HIV/AIDS se-Indonesia
POS BELITUNG/DEDY Q
Aktivis HIV/AIDS Nasional Baby Jim Aditya.

Laporan wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG- Angka Prevalensi HIV/AIDS Indonesia per September 2014 yang dikeluarkan oleh Kementerian Keseharan RI cukup mencengangkan. Dari 100.000 penduduk 26,08 orang diantaranya terjangkit HIV/AIDS.

Lalu bagaimana dengan Provinsi Bangka Belitung? Ternyata Bangka Belitung berada di sepuluh besar atau peringkat 9 dari 33 provinsi. Provinsi Babel berada satu tingkat di bawah Yogyakarta dan lebih tinggi dibanding Riau dan Jawa Barat.

"Itu kan cukup tinggi ya. Ini membuktikan dengan jelas bahwa kita tidak membicarakannya saja, tapi perilaku beresiko HIV/AIDS itu ada, nyata," kata Aktivis HIV/AIDS Nasional, Baby Jim Aditya kepada Pos Belitung, Minggu (22/3/2015).

Baby Jim mengatakan sebaran HIV/AIDS tidak bisa digeneralisir sebagai dampak maraknya lokalisasi, transaksi seks bebas, dan sebagainya.

Aktivitas jual beli syahwat, kata Baby Jim tak bisa lepas dari kebiasaan dan perilaku laki-laki itu sendiri. Disisi lain, pendidikan seksualitas laki-laki sangat minim untuk menghargai tubuhnya sendiri dan pasangannya.

"Pertanyaannya yang paling mudah, kenapa pekerjaan berisiko HIV AIDS itu banyak. Tentu karena penggunanya banyak. Yang paling banyak kan laki-laki," kata Baby dalam "Seminar Belitung Bisa! Tanpa Narkoba dan Seks Bebas" yang digelar di ruang Membalong 1 Hotel Bahamas Tanjungpandan, Minggu (22/3/2014).

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved