Nilai Tukar Rupiah terhadap Dollar AS Sentuh Rp 13.000

Nilai tukar rupiah kembali melemah dan menembus Rp 13.000 per dollar AS pada siang hari ini, kamis (26/3/2015). Sehari sebelumnya, mata

Nilai Tukar Rupiah terhadap Dollar AS Sentuh Rp 13.000
IST
Ilustrasi

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -- Nilai tukar rupiah kembali melemah dan menembus Rp 13.000 per dollar AS pada siang hari ini, kamis (26/3/2015). Sehari sebelumnya, mata uang Garuda sebenarnya telah menguat dan diperdagangkan di Rp 12.932 per dollar AS.

Mengutip kurs tengah Bank Indonesia, nilai tukar rupiah siang hari ini berada di posisi Rp 13.003 per dollar AS atau melemah 0,54 persen dari hari sebelumnya Rp 12.932 per dollar AS. Adapun mengutip Bloomberg, nilai tukar rupiah diperdagangkan di level Rp 13.013 per dollar AS.

Mata uang rupiah belakangan ini terus tertekan seiring dengan terjadinya defisit neraca berjalan (current account deficit). Bahkan, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengungkapkan rupiah adalah mata uang yang paling rentan jika dibandingkan dengan mata uang negara berkembang.

“Kami penasaran kenapa Filipina, Thailand dan India itu lebih kuat dari rupiah ketika berhadapan dengan dollar AS dibanding mata uang lainnya?” kata Bambang di Senayan, Jakarta, Rabu (25/3/2015).

Ternyata, setelah dicermati, Filipina dan Thailand memang memiliki neraca transaksi berjalan yang surplus. Sementara India, yang tadinya mengalami defisit neraca transaksi berjalan (CAD) dalam waktu satu tahun bisa menurunkan drastis, dari 3,5 persen menjadi 2 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

“Jadi kesimpulan kami, kalau ingin rupiah kuat, kita harus memperbaiki CAD,” ucap Bambang.

Editor: emil
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help