BangkaPos/

Ini Suasana Sesaat Pesawat Germanwings Akan Jatuh

Sebuah rekaman video dari kamera telepon seluler mengungkap situasi dari hancurnya pesawat Germanwings beberapa hari lalu. Rekaman dari kamera ponsel

Ini Suasana Sesaat Pesawat Germanwings Akan Jatuh
DPA/AFP/KOMPAS.COM
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM, BERLIN - Sebuah rekaman video dari kamera telepon seluler mengungkap situasi dari hancurnya pesawat Germanwings beberapa hari lalu. Rekaman dari kamera ponsel itu didapat oleh para penyelidik di Pegunungan Alpen Perancis, tempat lokasi kejadian.

Rekaman video tersebut menangkap kengerian 150 penumpang yang menyadari pesawat yang mereka tumpangi akan jatuh.

Dua koran lokal di Eropa mengaku melihat rekaman video tersebut. Dalam rekaman, terdengar suara teriakan dan tangisan dalam beberapa bahasa. Rekaman itu sendiri hanya berdurasi beberapa detik.

Tak hanya itu, rekaman video itu juga memperdengarkan adanya suara besi yang teradu, yang diklaim media lokal tersebut sebagai suara pilot yang berusaha mendobrak masuk ke dalam kokpit dengan menggunakan kapak.

Harian Bild dari Jerman dan majalah Paris Match mengaku wartawan mereka diperlihatkan video tersebut. Adapun, video didapat dari kartu memory yang kemungkinan berasal dari ponsel di dalam pesawat naas tersebut.

Meski begitu, Letkol Jean-Marc Menichini membantah adanya rekaman tersebut. Perwira yang bertanggungjawab terhadap proses pencarian pesawat tersebut menyatakan tidak ada ponsel yang ditemukan oleh penyelidik di lokasi kejadian.

Di sisi lain, majalah Paris Match menyebut rekaman video tersebut kemungkinan diambil dari bagian belakang pesawat. Media tersebut juga menyatakan ada suara "Oh Tuhan," dalam berbagai bahasa.

Sementara koran Bild menggambarkan rekaman tersebut sangat ricuh dan buram serta seringkali bergoyang. Dalam rekaman itu juga menggambarkan betapa para penumpang sangat mengetahui situasi yang sedang terjadi.

Menurut Paris Match, rekaman video tersebut juga memperlihatkan keadaan pesawat yang berguncang sangat hebat sebelum teriakan semakin menyeruak di dalam pesawat.

Dalam rekaman terakhir sebelum pesawat menabrak tebing pegunungan, suara teriakan semakin menjadi-jadi.

Belum diketahui siapa orang yang merekam kejadian tersebut, apakah penumpang atau kru pesawat. Meski begitu, dua media tersebut tidak memperlihatkan bukti rekaman video yang mereka sampaikan di dalam koran mereka.

Kartu memory mungkin selamat

Seorang ahli ponsel, Dirk Lorenz dalam wawancara dengan Bild mengatakan sangat sulit bagi ponsel untuk dapat selamat dari peristiwa itu. Meski begitu, ia mengakui bisa saja kartu memory selamat.

"Kartu memory memiliki daya tahan yang lebih baik. Meski ponsel sudah hancur berkeping-keping, kartu memory dapat selamat," katanya.

Editor: emil
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help