Opini: Bahaya Gear Motor Dibiarkan Terbuka

Keempat kalinya terjadi kecelakaan akibat ibu-ibu yang menggunakan gaun panjang dibonceng kendaraan bermotor roda dua bagian bawah

Opini: Bahaya Gear Motor Dibiarkan Terbuka
kompas.com
Ilustrasi: sepeda motor yang diamankan di atas mobil Unit Laka Lantas Satuan Wilayah Jakarta Timur, belum lama ini 

Opini: Rachmad Jaya, Ahli Keselamataan dan Kesehatan Kerja (K3)

Keempat kalinya terjadi kecelakaan akibat ibu-ibu yang menggunakan gaun panjang dibonceng kendaraan bermotor roda dua bagian bawah ujung bajunya terbelit pada gier rantai motor yang tidak tertutup dengan baik.

Pertama kejadian di Jalan raya Asrama Puteri dekat pertigaan arah masuk keluar kantor PT Timah (Persero) Tbk. Ibu yang dibonceng bergaun panjang jenis seperti sutera, yang mengendara dan dibonceng keduanya terjatuh. Seluruh gaun sang ibu terporot habis melilit bagian gier dan rantai hingga tubuhnya hanya tinggal celana dalam dan branya saja.

Bersyukur mereka tidak mendapat luka yang parah, cuma si Ibu terlihat syok berdiri tegak dan tangan menutup bagian tubuhnya dan beruntung didekatnya ada rumah penduduk yang segera memberikan kain penutup kepada korban.

Kedua, ada cerita duka kasus yang sama, terjadi di kawasan Jalan Jembatan Pahlawan 12 berakibat korban harus dibawa kerumah sakit dan setelah beberapa hari si pengendara meninggal dunia.

Ketiga,  terjadi juga di simpang empat arah Pemali dan Kota dekat mesjid Agung Sugailiat, ceritanya selendang si ibu yang terbelit dan ia jatuh dan terseret di aspal jalan sementara sang suami terlambat menyadari istrinya jatuh dan terikat selendang tertarik kendaraan dan akhirnya menghembuskan nafas terakhir.

Keempat dan terbaru adalah kejadian Minggu (29/3), di Jalan Raya RE Martadinata, tepatnya di depan Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sumberjo menggunakan kendaraan bermotor jenis bebek VEGA R. Sekitar pukul 10.00 Wib rencananya pasangan ini akan memenuhi undangan kerabat yang masih keluarga di Jalan Mentok Pangkalpinang.
Sang isteri yang memakai gaun panjang tiba-tiba ujung bagian bawahnya masuk pada gier rantai lalu seketika motor sefang melaju mendadak berhenti, si isteri terjatuh kearah samping kiri dan tertimpa bagian motor sehingga bagian muka lecet dan lebam di bagian kaki mendapat luka. Sang suami di saat motor berhenti dan rebah mendadak, terjungkal kedepan melewati stang kendaraan dan mendapat luka. Masih bersyukur keduanya tidak mendapat luka berat meski memerlukan perawatan beberapa hari di Rumah Sakit Bhakti Timah.
Begitulah faktanya yang sempat terlihat dan mendengar cerita dari sahabat yang bisa dipercaya. Memang tak terdata apa ada kecelakaan serupa di tempat lainnya. Masalahnya kebiasaan para wanita menggunakan gaun panjang di kendaraan bermotor tanpa penutup bagian yang berputar dengan baik dan benar dapat kita lihat di jalan raya. Motor tanpa penutup bagian berputar gier dan rantai masih banyak lalu lalang bukan hanya produk lama, beberapa motor baru masih banyak dibuat tanpa pelindung bagian berputar yang tertutup aman. Dengan demikian dipastikan kasus sama pasti pernah juga terjadi dan bahaya akan terus mengintai jika tidak ada perbaikan menggunakan busana dengan tatacara yang benar.

Kendaraan roda dua yang menggunakan sistim gier rantai tak tertutup rapat tentunya ada di mana-mana di Indonesia, sedangkan budaya atau model gaun panjang berkebaya dan selendang sudah mentradisi utamanya para ibu-ibu.

Memang setiap kendaraan pabrikan resmi pasti telah melakukan prosedur berpedoman utama pada aspek keselamatan pada setiap bagian komponen peralatannya, tujuannya untuk melindungi konsumen serta aspek komersial.

Tetapi kenyataannya masih banyak kendaraan bermotor yang menggunakan penutup bagian berputarnya tidak tertutup habis mungkin pertimbangannya, kendaraan itu bukan untuk dipakai konsumen bergaun panjang. Gier rantai menutup separuh bagian pertimbangannya mudah untuk kontrol, perawatan dan perbaikan, sehingga dibikin ada celah yang terbuka. Singkat kata mempermudahnya, kendaraan type itu dibuat bukan untuk digunakan bagi pemakai yang berbaju longgar dan terjuntai sampai mengenai bagian berputar tersebut.

Halaman
12
Editor: emil
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved