Sanem Tanggapi Pernyataan Sri Sultan HB X

Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) mengapresiasi penyataan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di media nasi

Sanem Tanggapi Pernyataan Sri Sultan HB X
bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Ilustrasi: Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) saat melihat merapatnya KRI Kapitan Patimura di Pelabuhan Tanjungbatu, Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, Rabu (31/12/2014).

Laporan wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) mengapresiasi penyataan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di media nasional. Pernyataan Sultan Hamengku Buwono itu terkait saran dan masukan bagi Pemerintah RI untuk mengembangkan tol laut dengan membangun pelabuhan di Belitung.

Sebelumnya, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X menyarankan agar Pemerintah Indonesia untuk membangun Pelabuhan Belitung. Saran ini disampaikannya terkait rencana pemerintah untuk mengembangkan tol laut.Seperti yang dikutip dari Metrotvnews.com, Sultan mengatakan tidak setuju bila tol laut Indonesia disingkronkan dengan sistim Tiongkok. Sebab, kebijakan tersebut akan membuat Indonesia menjadi konsumen utama Tiongkok.

"Jadi, apa yang disampaikan Pak Hamengku Buwono ini, Pemkab Belitung atau masyarakat Belitung lah, sangat memberikan apresiasi. Karena beliau juga peduli dengan Belitung," kata Sanem kepada Pos Belitung, Selasa (21/4/2015).

Sanem mengatakan, kesepakatannya dengan pernyataan Hamengku Buwono tersebut dapat dilihat dari posisi strategis Belitung. Kata dia, dilihat dari seluruh penjuru mata angin, Belitung adalah tengah-tengahnya wilayah Indonesia. Selain itu, Belitung juga merupakan wilayah ALKI.

Menurutnya, potensi letak strategis ini seharusnya didukung pusat dengan pengembangan pelabuhan dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya. "Katakanlah misalnya untuk docking kapal. Karena kalau terjadi apa-apa, Belitung yang ada di tengah-tengah ini," katanya.

Selama ini, kata Sanem, Pemkab Belitung sudah berbuat. Satu diantaranya berusaha untuk mengoperasionalkan Pelabuhan Tanjung Batu di Kecamatan Badau. Koordinasi gencar dilakukan mulai dari tingkat pusat hingga provinsi.

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: emil
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help