Turunnya Perekonomian Babel Pengaruhi Angka Pernikahan

Menurunnya perekonomian di Bangka Selatan, ternyata berpengaruh juga pada tingkat perkawinan di Kecamatan Toboali

Turunnya Perekonomian Babel Pengaruhi Angka Pernikahan
sehatnews.com

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS,COM.BANGKA-- Menurunnya perekonomian di Bangka Selatan, ternyata berpengaruh juga pada tingkat perkawinan di Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

Pada tahun 2013, jumlah angka perkawinan yang tercatat di KUA Toboali sebanyak 633 pasang. Sedangkan ditahun 2014 tercatat 626 pasang.

Kepala KUA Kec. Toboali, Kabupaten Bangka Selatan Sukarman, mengatakan akibat imbasnya turunya perekonomian di Babel ,berdampak pula pada tingkat perkawinan di Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan yang dari tahun 2013 mencapai 633 pasang menurun pada tahun 2014 menjadi 626 pasang.

"Secara pengaruh ekonomi, timah, karet yang murah, karena apabila pendapatan meningkat maka perkawinan juga meningkat,"kata Sukarman, Kepala KUA Kecamatan Toboali. Senin(27/4/2015) saat di temui di kantornya.

Sedangkan untuk angka perceraian tahun 2013 sebanyak 30 pasang dan talak 16 orang. Kemudian ditahun 2014, angka perceraian sebanyak 3 pasang dan talak sebanyak 4 orang.

"Pada triwulan pertama tahun 2015 per tanggal 31 Maret untuk pernikahan 137 pasang,"ucapnya.

Sukarman menghimbau, bagi pasangan yang masih muda dan ingin menikah dini agar lebih baik menunda terlebih dahulu. Walaupun pernikahan adalah ibadah.

"Menunda perkawinan ,walaupun nikah itu ibadah harus sesuai syarat rukunya, seperti sholat syarat rukunya harus terpenuhi, dan sesusai UU perkawinan, dari segi usia hingga persyaratan administrasinya,"jelasnya

Penulis: Riki Pratama
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help