Museum Mini Pulau Lengkuas, Simpan Senapan buatan Tahun 1918

Objek wisata Pulau Lengkuas di Kabupaten Belitung ternyata punya museum mini. Ruangan berukuran 4x6 meter hanya menyimpan tiga jenis

Museum Mini Pulau Lengkuas, Simpan Senapan buatan Tahun 1918
Bangkapos.com/Dede Suhendar
BENDA SEJARAH. Mujip, salh seorang petugas penjaga Pulau Lengkuas menunjukkan benda sejarah yang terdapat di museum mini Pulau Lengkuas, Kamis (30/4/2015). 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Objek wisata Pulau Lengkuas di Kabupaten Belitung ternyata punya museum mini. Ruangan berukuran 4x6 meter hanya menyimpan tiga jenis benda peninggalan sejarah.

Mujip petugas jaga dari Kementrian Perhubungan Laut, menjelaskan tiga benda bersejarah tersebut merupakan peninggalan yang ditemukan di sekitar pulau. Diantaranya ada sepucuk senapan merek LA tahun 1918, ember tembaga, teko dan botol keramik.

"Benda ini memang sengaja kami pajang di ruangan ini. Sebenarnya bukan museum tapi lebih kepada rumah sejarah. Karena isinya terkait sejarah pulau ini dan barang-barangnya pun ditemukan di pulau ini juga," ujar Mujip kepada bangkapos.com, Kamis (30/4/2015).

Selain itu, juga terdapat gambar dan foto sejarah yang menunjukkan kisah dibalik mercusuar yang terdapat di pulau tersebut. Seperti foto Ir. C. De. Gropt, orang yang mendesign bentuk dari mercusuar tersebut.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved