BangkaPos/

Massa Buruh Bergerak Menuju Istana

Ribuan buruh yang saat ini sedang bersiap-siap di Bundaran Hotel Indonesia akan bergerak

Massa Buruh Bergerak Menuju Istana
Kompas.com
Para buruh menggelar spanduk dalam perayaan Hari Buruh di Bundaran HI, Jumat (1/5/2015). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Ribuan buruh yang saat ini sedang bersiap-siap di Bundaran Hotel Indonesia akan bergerak menuju Istana Negara pada Jumat (1/5/2015) pukul 09.00 WIB hari ini. Saat ini, mereka masih berkumpul di Bundaran HI sambil menunggu para buruh lain yang akan bergabung.

"Kita aksi nanti sekitar jam 09.00 WIB. Kemudian kita long march ke istana. Rutenya hanya Bunderan HI ke Istana," ujar Ketua Panitia May Day 2015, Marmin Hartono di Bundaran HI, Jumat.

Marmin mengatakan ada sekitar 150.000 buruh yang akan melakukan aksi hari ini. Massa tersebut merupakan gabungan dari beberapa organisasi buruh seperti Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan yang lain.

Pantauan Kompas.com, para buruh terus berdatangan ke titik kumpul mereka di Bundaran Hotel Indonesia. Mereka berbaris mengelilingi tepi jalan Bundaran HI. Beberapa bus-bus yang membawa para buruh berdatangan secara bergantian. Para buruh yang baru hadir pun langsung bergabung dengan massa lain.

Ruas jalan di sepanjang Jenderal Sudirman sampai dengan Harmoni pun sudah ditutup. Perempatan jalan di Jalan M.H Thamrin pun sudah dipasang palang. Palang tersebut hanya terbuka ketika bus atau mobil yang mengangkut buruh lewat.

Kepolisian sendiri telah menyiapkan 14.404 personel untuk pengamanan hari buruh. Pasukan terdiri dari 5.217 personel dari Polda Metro Jaya, 6.689 personel dari Polres, 1.597 personel dari Mabes Polri, 300 personel dari Mabes TNI, dan 601 personel dari Pemda

Editor: emil
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help