Bagi Penyanyi Once, Belajar Tak Dibatasi Usia

Once Mekel (40) merupakan salah satu musisi yang memiliki karier cemerlang dan di sisi lain juga memiliki gelar sarjana

Bagi Penyanyi Once, Belajar Tak Dibatasi Usia
KOMPAS.com/THALIA SHELYNDRA W
Once Mekel, yang pernah bekerja di bidang Hukum sebelum berkarier di industri musik dengan menjadi in-house lawyer. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA,  -- Once Mekel (40) merupakan salah satu musisi yang memiliki karier cemerlang dan di sisi lain juga memiliki gelar sarjana. Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang penyanyi, Once merupakan salah satu siswa Sarjana Hukum dari Universitas Indonesia. Ia pun mengaku pernah bekerja di bidang Hukum sebelum berkarier di industri musik dengan menjadi in-house lawyer.

Akan tetapi, saat tim Kompas.com bertemu langsung di sebuah stasiun radio di bilangan Thamrin, Jakarta Pusat pada Rabu (06/05/2015) lalu, apakah akan menjadi masalah jika seorang musisi tidak mengecap pendidikan formal, Once menjawab dengan lugas, "Sebetulnya sih, kalau kita yakin belajar itu tidak mengenal waktu, usia dan kita tidak malu untuk menambah ilmu, semuanya tidak menjadi masalah".

Once memberi contoh, tidak masalah jika ada seorang anak muda berumur 19 tahun yang baru lulus SMA dan ingin langsung meniti karier musik hingga menjadi artis. Namun, yang menjadi masalah menurut Once, adalah saat karier musisi-musisi muda ini tidak berjalan lancar, mereka kadang terlanjur malu untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang sudah pernah digeluti.

Terkadang banyak yang tidak menyadari bahwa kesempatan dan waktu untuk belajar itu tidak dibatasi oleh usia. "Yang penting berani dan tidak menganggap hal tersebut adalah sesuatu yang memalukan," ujar Once.

Menurut Once, pada akhirnya semuanya merupakan pilihan, bukan masalah pendidikan atau karier yang lebih penting, namun yang terpenting adalah mau ke arah mana kita mengejar mimpi.

"Gue pun coba untuk memotivasi anak-anak muda sekarang dengan dorongan 'ayo dong kejar mimpi kalian'," imbuhnya.

Editor: Hendra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved