Kenapa Pilot Wanita Masih Diremehkan ?

Sepengetahuan Anda, berapa banyak wanita yang berprofesi sebagai seorang pilot? Ternyata, jumlah pilot wanita di Indonesia masih sangat sedikit. Lalu,

Kenapa Pilot Wanita Masih Diremehkan ?
Kompas.com
Sarah Widyanti Kusuma (27) 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Sepengetahuan Anda, berapa banyak wanita yang berprofesi sebagai seorang pilot? Ternyata, jumlah pilot wanita di Indonesia masih sangat sedikit. Lalu, bagaimana rasanya bekerja di lingkungan yang didominasi oleh kaum wanita?

Menurut Sarah Widyanti Kusuma, seorang pilot wanita, memang jumlah pilot wanita di Indonesia saat ini masih sangat sedikit. Rasionya kira-kira adalah 1 banding 200. Sebagai contoh saja, di maskapai Garuda Indonesia dimana Sarah bekerja saat ini, terdapat 14 orang pilot wanita dibandingkan sekitar 2.000 hingga 3.000 orang pilot pria.

"Awalnya sulit berada di lingkungan yang banyak pria karena sejak sekolah dan di keluarga saya, lingkungan didominasi wanita. Namun, kita semua bisa karena kebiasaan. Justru karakter-karakter maskulinnya lama-lama jadi menempel," ujar Sarah di sela-sela acara Barbie Princess Power di Skenoo Hall Gandaria City, Rabu (6/5/2015).

Sarah menjelaskan, kesulitan lain yang dihadapi wanita dimana berprofesi sebagai pilot adalah terkadang sulit untuk menempatkan posisi untuk menjadi kuat dan tegar. Sebab, dalam kesehariannya mereka lebih banyak berinteraksi dan bekerjasama dengan pria yang cenderung keras, tegas, dan jarang menggunakan emosi.

"Wanita itu kadang kalau ambil keputusan terlalu banyak berpikir, di dunia penerbangan tidak ada seperti itu. Kita kerja berdasarkan ilmu dan buku yang tidak bisa dinegosiasikan," imbuh Sarah yang telah mengantongi 4.000 jam terbang ini.

Lalu, apakah Sarah sering diremehkan lantaran dirinya adalah seorang pilot wanita? Sarah tidak memungkiri, seringkali ia diremehkan baik oleh sesama pilot atau bahkan oleh para pramugari. Menurut mereka, pilot wanita seringkali dianggap tidak mampu mendaratkan pesawat dengan mulus.

"Awal-awal memang ada yang meremehkan. Saya tidak mau diremehkan, saya harus membuat mereka yakin sama saya. Saya berusaha menunjukkan kemampuan saya pada mereka. Banyak rumor beredar kalau pendaratan pesawat yang dilakukan wanita, tidak sebagus pilot laki-laki. Pemikiran tersebut pun berhasil ditepis, dan saya membuktikan kalau pilot wanita bisa mendaratkan pesawat lebih halus," ujar Sarah.

Editor: emil
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved