Liga Italia Serie A : Derby Penentu Nasib

RIVALITAS Lazio dan AS Roma memang sudah berlangsung puluhan tahun. Kali ini perebutan peringka

Liga Italia Serie A : Derby Penentu Nasib
AFP PHOTO/KOMPAS.COM
Pelatih AS Roma, Rudi Garcia, membantah adanya friksi dengan sang kapten, Francesco Tott 

RIVALITAS Lazio dan AS Roma memang sudah berlangsung puluhan tahun. Kali ini perebutan peringkat kedua klasemen akhir Serie A sebagai syarat lolos langsung ke kompetisi Liga Champions musim depan, menjadi jaminan laga di giornata ke-37 ini akan berlangsung dalam tensi panas.

Antara Lazio dan AS Roma saat ini memang sedang berebut siapa yang akan mengakhiri musim kompetisi ini di peringkat kedua, dan siapa di peringkat ketiga. Meski hanya berbeda satu tingkat, perbedaan ini justru sangat signifikan jika dikaitkan dengan keikutsertaan di kompetisi Liga Champions musim depan.

Seperti diketahui, tim peringkat dua Serie A akan langsung tampil di fase grup Liga Champions bersama tim peraih scudetto. Sedangkan tim peringkat ketiga harus terlebih dulu berjuang di babak play-off dan memenanginya, agar bisa ikut tampil di fase grup.

Persaingan inilah yang kini menjadi tajuk di laga Derby Della Capitale edisi ke-142. Lazio kini berada di peringkat ketiga dengan mengumpulkan poin 66. Sementara AS Roma yang berada di peringkat kedua, unggul satu poin atas rival sekotanya itu. Dengan komposisi tersebut, peluang Lazio menyalip ke posisi kedua masih terbuka.

"Melawan Lazio kami bisa merebut tiket lolos otomatis ke Liga Champions. Kami bisa menang atau seri melawan mereka, tapi kami tidak akan bermain untuk mengejar satu poin," ujar pelatih AS Roma, Rudi Garcia seusai timnya mengalahkan Udinese 2-1, pekan lalu. "Ini adalah derby, dan kami ingin memenanginya," tambah Garcia di situs resmi klub.

Melihat peringkat di klasemen, posisi Roma jelas lebih diuntungkan. Dengan dua laga tersisa, Roma yang kini unggul satu poin akan memastikan diri menjadi runner-up sekaligua mengamankan tiket langsung ke Liga Champions, jika mereka bisa memangkan laga dinihari nanti.

Hasil imbang juga masih menguntungkan Francesco Totti dkk, lantaran di pekan terakhir mereka 'hanya' akan menjamu Palermo di kandang sendiri. Sebaliknya Lazio di laga terakhirnya justru harus menjalani laga hidup mati di kandang Napoli.

Gelandang I Lupi, Radja Nainggolan, mengakui bahwa laga derby ini sebagai laga terpenting bagi Roma musim ini. "Sekarang ada pertandingan paling penting, dan kami akan berusaha memenanginya," ujar Nainggolan.

"Kemenangan atas Lazio akan berarti lolos langsung ke Liga Champions. Lazio sedang dalam bentuk permainan yang bagus, tapi kami juga dan kami tak takut kepada siapapun," tegas pemain berdarah Indonesia itu.

Sementara pelatih Lazio, Stefano Pioli menyebut bahwa finis di peringkat kedua adalah hal terpenting bagi timnya saat ini. Pioli bahkan menyebut finis di peringkat kedua di Serie A musim ini jauh lebih penting ketimbang memenangkan trofi Coppa Italia yang gagal mereka raih, setelah kalah dari Juventus di laga final, pertengahan pekan lalu.

"Kami lolos ke final Coppa Italia. Namun ikut Liga Champions tanpa melalui kualifikasi jauh lebih penting. Jika Anda menanyakannya, saya lebih memilih berada di atas AS Roma di peringkat kedua," kata Pioli seperti dilansir Sportal.

Pentingnya laga melawan Roma ini juga diakui oleh kapten Lazio, Stefano Mauri. Pemain 35 tahun itu mengatakan bahwa nasib timnya musim ini akan ditentukan dalam empat hari, terhitung dari laga melawan Juventus di final Coppa Italia tengah pekan lalu.

Sepanjang sejarah Serie A, Lazio dan AS Roma sudah berhadapan sebanyak 142 kali. Untuk sementara AS Roma masih unggul head-to-head dengan catatan 49 kali menang, 36 kali kalah, dan 57 kali imbang. Di lima pertemuan terakhir, rekor kedua tim masih imbang. Lazio menang sekali, AS Roma menang sekali, dan tiga laga lainnya berakhir dengan hasil imbang. (tribunnews.com/dod)

Live On: Kompas TV, Senin (25/5) Pukul 23.00 WIB


Editor: emil
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved