Kapan Sebaiknya Handuk Dicuci?

Walau dipakai setiap hari, namun banyak orang yang kurang memperhatikan kebersihan handuk. Padahal,

Kapan Sebaiknya Handuk Dicuci?
AFP PHOTO/KOMPAS.COM
Ilustrasi: Seorang atlet memafaatkan fungsi handuk saat bertanding

Walau dipakai setiap hari, namun banyak orang yang kurang memperhatikan kebersihan handuk. Padahal, handuk yang jarang dicuci justru bisa menjadi tempat berkembang biaknya kuman.

Berapa lama sebaiknya handuk mandi dipakai sebelum dicuci? Idealnya handuk dicuci setelah tiga atau empat kali pemakaian. Menurut badan kesehatan konsumen dan lingkungan AS, penggunaan handuk yang lebih lama dari itu berarti kuman dan bakteri sudah berkembang.

Karena memiliki bahan yang tebal handuk sangat mudah mengunci kelembaban dan juga membuatnya mudah berbau. Meski begitu tidak disarankan mencuci handuk dengan deterjen yang mengandung pewangi karena justru bisa mengunci bau.

Jika Anda sedang sakit, disarankan untuk mencuci handuk dengan bahan disinfektan, misalnya bahan klorin pemutih jika handuk Anda berwarna putih, atau disinfektan lain jika handuk Anda berwarna.
Handuk juga sebaiknya dijemur di bawah sinar matahari langsung dengan cara dilebarkan agar seluruh bagiannya menjadi kering.

Sementara itu, untuk handuk wajah sebaiknya segera dicuci setiap kali dipakai. "Jika hanya dipakai untuk mengelap wajah yang kering, tidak apa dipakai beberapa kali. Tapi jika biasa dipakai untuk mengelap keringat atau kosmetik, gantilah setiap habis dipakai," kata Dr.Eric Schweiger, ahli dermatologi.(kcm)

Editor: emil
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved