Pilkada

Tak Ada LHKPN, Calon Kepala Daerah Dinyatakan Gugur

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Suryansyah mengatakan pelaporan dan pengumuman

Tak Ada LHKPN, Calon Kepala Daerah Dinyatakan Gugur
bangkapos.com/zulkodri
Ketua KPU Bateng, Suryansyah (baju hitam-red) saat melakukan pemeriksaan ulang logistik pemilu sebelum, didistribusikan ke PPS, Senin (7/4/2014).

Laporan wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Suryansyah mengatakan pelaporan dan pengumuman verifikasi harta kekayaan calon Bupati dan wakil Bupati Bangka Tengah yang akan digelar Desember 2015 mendatang merupakan persyaratan dan hal yang wajib dan mutlak.

Apabila, persyaratan ini tidak dipenuhi, maka berdasarkan PKPU No 09 Tahun 2015, calon tersebut bisa dibatalkan pencalonannya karena tidak memenuhi syarat pencalonan kepala daerah.

"PKPU no 9 2015, pasal 42 ayat 1 poin L , dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon sebagaimana pasal 39 huruf A yang wajib disampaikan kepada KPU, surat tanda terima laporan harta kekayaan dari lembaga berwenang, sebagai bukti pemenuhan syarat pencalonan. Jadi wajib disampaikan, kalau tidak calon dinyatakan tidak memenuhi syarat, artinya gugur dan bisa dibatalkan dalam pencalonan," ujarnya ketika ditemui bangkapos.com, Selasa (16/06/2015).

Dikatakan suryansyah, untuk jadwal pendaftaran pencalonan kepala daerah mengunakan kendaraan partai Politik dimulai sejak 26-28 Juli mendatang, pada saat itu, pasangan calon yang mendaftar sudah melampirkan tanda bukti sudah menyampaikan LHKPN kepada lembaga yang berwenang, disini adalah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Setelah dilakukan Verifikasi dan sebelum ditetapkan sebagai calon tetap, berdasarkan pasal 73, ayat 1 pasangan calon mengumumkan harta kekayaan pribadi hasil penelitian atau klarifikasi harta kekayaan dari KPK, dengan fasilitasi oleh KPU," ucapnya.(Zky)

Penulis: zulkodri
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved