PMI Babar Bentuk PMI Ranting di 6 Kecamatan

PMI Kabupaten Bangka Barat sejak 2014 lalu, mulai merintis pembentukan PMI Ranting di enam kecamatan (Muntok, Simpang

Citizen Reporter: Wahyu Pratiwi, Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Bangka Barat

MUNTOK, BANGKA POS -- PMI Kabupaten Bangka Barat sejak 2014 lalu, mulai merintis pembentukan PMI Ranting di enam kecamatan (Muntok, Simpang Teritip, Jebus, Parittiga, Kelapa dan Tempilang) Sosialisasi pembentukan PMI Ranting ini sudah dilaksanakan sejak 2014 dan dilanjutkan kembali 24-25 Juni 2015 di enam kecamatan tersebut.
PMI diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan dari PMI Kabupaten.

"Dengan adanya PMI di setiap kecamatan dapat membantu memenuhi kebutuhan darah di Bangka Barat yang notabene cukup tinggi," ujar Ketua PMI Kabupaten Bangka Barat H Dwi Aryani Zuhri dalam sosialisasi tersebut.

Pembentukan PMI Ranting di Kecamatan bisa dimulai dengan pembentukan PMR (Palang merah remaja) di sekolah-sekolah yang ada di kecamatan.

"Segera sampaikan susunan PMI Ranting ke PMI Kabupaten dalam 1 minggu ini berjumlah 7 orang. Bekerja di PMI sifatnya sukarela dan cepat tanggap, libatkan unsur tagana, tenaga kesehatan, dan unsur kecamatan," jelasnya.

Setelah lebaran, PMI Kabupaten Bangka Barat dan PMI Ranting sudah punya agenda untuk melaksanakan donor darah keliling di semua kecamatan dan bekerjasama dengan UTD RSUD.

PMI sebagai lembaga sosial, sifatnya netral dan mandiri, memiliki tujuan untuk membantu meringankan penderitaan masyarakat, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan darah di masyarakat.

Membahas mengenai syarat untuk mendonor, wakil ketua bidang transfusi darah dan pelayanan sosial kesehatan masyarakat, dr. Hendra, menjelaskan bahwa pendonor harus berusia minimal 17 tahun, berat badan 45 kg, tidak sedang hamil,haid, dan menyusui, tekanan darah normal dan tidak ada penyakit kronis.

"Donor darah itu menyehatkan karena lebih cepat meregenerasi darah kita. Selain itu, kita bisa mengetahui penyakit kronis dalam tubuh karena sebelum melakukan donor harus mengecek kesehatan calon pendonor," demikian ungkapnya.

Penulis: riyadi
Editor: emil
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved