Berbuka Puasa Minuman Dingin Bikin Kinerja Lambung Melambat

Minuman dingin saat berbuka puasa biasanya disukai masyarakat. Minuman dingin ini memang terasa sangat nikmat

Berbuka Puasa Minuman Dingin Bikin Kinerja Lambung Melambat
Bangkapos.com/Evan S
Kadinkes Pangkalpinang, dr Syahrizal 

Laporan Wartawan Bangka Pos Evan Saputra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Minuman dingin saat berbuka puasa biasanya disukai masyarakat. Minuman dingin ini memang terasa sangat nikmat jika diminum saat berbuka puasa.

Padahal, langsung minum air dingin saat berbuka puasa ternyata kurang baik bagi tubuh. Mengingat setelah lebih dari 12 jam perut tak terisi oleh apapun.

Hal itu dijelaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan Pangkalpinang, dr Syahrizal saat menjawab Bangkapos.com, Selasa (30/6/2015).

Dia menerangkan dampak buruk minum air dingin saat berbuka. Ia mengatakan, minuman yang terlalu dingin akan membuat kerja lambung lambat, karena harus menyesuaikan dengan suhu tubuh.

"Jangan terlalu dingin, siapapun akan sakit jika terlalu sering minum air es, kalau mau minum air es ebaiknya tidak pakai es batu, atau jangan terlalu dingin. Jika terlalu dingin akan lebih lama menyesuaikan dengan suhu tubuh," kata Syahrizal, Selasa (30/6/2015).

Menurutnya, perut telah lama tidak terisi makanan maupun minuman saat puasa, lambung pasti akan kaget saat menerima air dingin.

Karenanya, Syahrizal menyarnkan agar meminum air putih agak hangat lebih dahulu sebelum meminum air yang dingin.

Penulis: Evan
Editor: emil
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help