BangkaPos/
Home »

Kolom

» Opini

Opini: Cerdas Memanfaatkan Liburan Sekolah

Datangnya masa liburan sekolah merupakan saat yang paling dinanti oleh seluruh siswa dari berbagai tingkatan,

Opini: Cerdas Memanfaatkan Liburan Sekolah
IST
Ilustrasi: SMPN 2 Sungailiat menyelenggarakan pesantren kilat (sanlat) bagi siswa kelas tujuh dan delapan selama dua hari, Selasa-Rabu (22-23/6/2015).

Opini: Muktamaruddin Fahmi, Pustakawan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah

Datangnya masa liburan sekolah merupakan saat yang paling dinanti oleh seluruh siswa dari berbagai tingkatan, suasana liburan yang terkadang identik dengan kegiatan bermain dan bersenang - senang, menjadi hari yang sangat istimewa didalam kehidupan mereka.

Pada tahun ini, jatuhnya waktu liburan sekolah bertepatan dengan datangnya Bulan Suci Ramadhan 1436 H, bulan yang penuh berkah bagi umat islam diseluruh penjuru dunia. Sejatinya, liburan sekolah kali ini dapat memberikan pengalaman baru, bermanfaat dan menyenangkan. Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan, sifatnya positif dan berguna selama mengisi liburan di bulan Suci Ramadhan, seperti memperbanyak belajar ilmu agama dan juga semakin bersemangat untuk melaksanakan ibadah puasa.

Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan oleh para siswa yang saat ini sedang menikmati masa liburan sekolah mereka, misalnya dengan mengikuti kegiatan Pensantren Kilat, berkunjung ke perpustakaan atau belajar mengenali alam melalui kegiatan berkebun secara sederhana.

Kegiatan pesantren kilat

Pesantren kilat merupakan pesantren yang diadakan dalam waktu singkat biasanya dilaksanakan selama satu atau dua minggu pada awal bulan ramadhan. Materi yang diberikan pada pesantren kilat biasanya kegiatan pendalaman ilmu-ilmu agama, seperti membaca Al-Qur'an, cara Berwudlu, Sholat, Adzan, menghafal surat-surat pendek dan doa-doa.

Manfaat yang dapat diperoleh ketika siswa mengikuti pesantren kilat adalah selain dapat menjalankan ibadah puasa dengan lebih baik dan juga memperoleh pengalaman berharga seperti, memiliki rasa sosial yang tinggi, diarahkan untuk belajar mandiri dan mampu memupuk rasa kebersamaan.

Dengan adanya pesantren kilat, akan sangat membatu orang tua siswa dalam upaya penanaman nilai-nilai rohani dan budi pekerti sejak dini kepada putra-putri mereka. Dengan harapan anak-anak mereka akan memiliki pribadi yang lebih baik dan ahlak yang mulia di massa yang akan datang .

Berkunjung ke Perpustakaan

Hal lain yang bisa dilakukan selama liburan sekolah adalah dengan berkunjung ke perpustakaan, terutama perpustakaan umum yang memiliki waktu layanan lebih lama, mulai dari pagi sampai dengan sore hari, bahkan ada beberapa perpustakaan umum di Indonesia yang memberikan layanan bagi pengunjung sampai dengan malam hari.

Halaman
12
Editor: emil
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help