Zakat Fitrah di Babar Rp 27.500

Pemkab Bangka Barat bersama Kemenag, Baznas dan Ormas Islam di Bangka Barat, telah menetapkan Surat Keputusan (S

Zakat Fitrah di Babar Rp 27.500
Bangkapos.com/Nurhayati
Ilustrasi: Panitia Amil Zakat Masjid Agung Sungailiat menerima zakat fitrah dari seorang warga setempat. 

Citizen Reporter: Wahyu Pratiwi, Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Bangka Barat

MUNTOK, BANGKA POS -- Pemkab Bangka Barat bersama Kemenag, Baznas dan Ormas Islam di Bangka Barat, telah menetapkan Surat Keputusan (SK) Bersama tentang ketentuan zakat fitrah, zakat harta dan fidyah untuk wilayah Kabupaten Bangka Barat tahun 2015/ 1436 H.

Nilai zakat tersebut diputuskan melalui Rapat koordinasi antara elemen tersebut, Kamis (2/7/2015) di Kemenag Bangka Barat, yang juga dihadiri oleh Ketua MUI Bangka Barat.

Dalam Surat Keputusan Bersama tersebut ditentukan bahwa Zakat Fitrah 1436 H/ 2015 adalah sebesar 2,5 kg atau Rp 27.500 per jiwa, dengan ketentuan bahwa besaran beras atau uang tersebut adalah sesuai dengan yang dikonsumsi sehari-hari.

Selain itu, umat muslim juga wajib mengeluarkan zakat harta. Hal itu disampaikan oleh Ketua Rapat Koordinasi, Isnani.
Harta yang harus dikeluarkan zakatnya adalah harta yang sudah cukup nisab dan haulnya, yaitu harta yang sudah dimiliki selama 1 tahun dan setara dengan 85 gram emas atau 226,95 mata (1 gram = 2,67 mata).

Jika 1 gram emas seharga Rp 501.000,- maka 85 gram emas adalah Rp 42.585.000,-. Zakat yang harus dikeluarkan adalah sebesar 2,5% dari jumlah harta yang sudah memenuhi haul dan nisabnya.

Selain itu, dalam Islam juga dikenal Fidyah yang dibayarkan bagi yang tidak mampu berpuasa karena uzur dan tidak memungkinkan mengqodzo' puasanya di hari yang lain.

"Besaran fidyah yang harus dibayarkan adalah 8 ons beras + lauk pauk (kurang lebih) atau senilai Rp 20.000,- per hari", jelasnya.()

Penulis: riyadi
Editor: emil
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved