SKPD Terlambat Menyusun Rencana Anggaran Biaya

Berdasarkan laporan Sekda Bangka, pihak Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bangka, dan SKPD terkait, proyek tersebut bisa seles

SKPD Terlambat Menyusun Rencana Anggaran Biaya
bangkapos.com
Bupati Bangka H Tarmizi Saat ketika menyerahkan RAPBD perubahan, pada tanggal 8 Juni 2015 lalu kepada pimpinan DPRD Kabupaten Bangka di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Bangka.

* Banyak Proyek Insfrastruktur Belum Dikerjakan

SUNGAILIAT,BANGKA POS - Bupati Bangka Tarmizi H Saat mengiyakan banyak proyek infrastruktur tahun 2015 yang belum dikerjakan di Kabupaten Bangka. Saat ini, proyek-proyek tersebut masih dalam proses tender.

Tarmizi meminta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kabupaten Bangka segera melaksanakan proyek-proyek pembangunan tersebut. Apalagi, saat ini sudah bulan Juli sehingga proses penyelesaian proyek semakin mepet.

Dia khawatir kondisi itu berpengaruh terhadap kualitas hasil pengerjaan proyek. "Banyak proyek infrastruktur yang belum jalan karena masih tender. Kendala pada SKPD teknis yang lambat menyusun RAB (rencana anggaran biaya) dan gambar serta banyaknya sanggahan dan tender ulang," kata Tarmizi, Jumat (24/7).

Menurutnya, terlambatnya pelaksanaan proyek sangat mempengaruhi roda perekonomian sektor swasta, terutama sektor perdagangan. "Proyek-proyek dana-dana DAK (dana alokasi khusus) tambahan jalan, rumah sakit dan irigasi," ujar Tarmizi.

Namun, lanjutnya, berdasarkan laporan Sekda Bangka, pihak Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bangka, dan SKPD terkait, proyek tersebut bisa selesai.

"Kalau tidak selesai, DAK untuk tahun 2016 dikurangi pemerintah pusat," katanya.

Karena itu, Tarmizi minta agar pihak kontraktor pemenang tender proyek agar tetap bekerja siang dan malam untuk menyelesaikan proyek. Selain itu, kontraktor bisa menambah pekerjanya.

"Kita juga mengingatkan pihak ketiga agar bisa menyelesaikan pembangunan tepat waktu," ujar Tarmzi.
Ia juga mengingatkan agar kualitas hasil pembangunan tetap diutamakan dan tidak boleh melangggar rencana anggaran biaya dan gambar yang sudah ditentukan SKPD teknis.

Sedangkan untuk penyerapan anggaran, Tarmizi menilai sudah mulai bagus dan akan segera dibahas dalam rapat koordinasi pada Selasa (28/7) nanti.

"Anggaran terserap akan diketahui pasti Selasa depan. Sekarang kira-kita 62 persen," jelas Tarmizi. (chy)

Tags
SKPD
APBD
Penulis: nurhayati
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved