Depo Avtur di Belitung Sangat Penting

"Itu daerah pertahanan awal seandainya Jakarta diserang,"

Depo Avtur di Belitung Sangat Penting
Bangka Pos/ Deddy Q
Rudianto Tjen 

Laporan wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG-- Anggota Komisi I DPR RI Dapil Babel Rudianto Tjen mengatakan, pihaknya akan meminta Kementerian Pertahanan berbicara soal keberadaan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) di Pulau Belitung. Menurut dia, pembangunan DPPU tak harus identik dengan untung rugi seperti yang selalu dikabarkan menjadi pertimbangan Pertamina.

Dia juga mengimbau stakeholder terkait terus memikirkan dan mengupayakan hal ini. Pasalnya Babel dianggap daerah strategis yang menjadi pilar pertama untuk bertahan dari serangan luar dari arah barat.

"Itu daerah pertahanan awal seandainya Jakarta diserang. Pertaminan juga kita ajak ngomong. Jangan selalu berpikir satu ditambah satu sama dengan dua. Ini akan kami bicarakan di pusat," kata Rudianto Tjen, Senin (27/7/2015).

Sebelumnya, rapat dengar pendapat bersama anggota Komisi I DPR RI yang memberikan masing-masing satuan pertahanan di Bangka Belitung itu membahas ketersediaan avtur di Lanud TNI AU H.AS Hanandjoeddin. Ketersediaan avtur penting setidaknya untuk stok TNI AU H.AS Hanandjoeddin.

Kondisi yang berlangsung selama ini, avtur cadangan kerap digunakan satu diantaranya untuk berjaga-jaga jika pesawat komersil membutuhkan tambahan bahan bakar. Itu belum termasuk kebutuhan TNI AU H.AS Hanandjoeddin untuk kepentingan mereka sendiri.

Berbagai pihak memiliki kepentingan masing-masing bagi keberadaan DPPU di Pulau Belitung. Misalnya saja, pengembangan bandara H.AS Hanandjoeddin, kepentingan pembangunan pariwisata dan kepentingan Pemkab Belitung

"Mohon disondingkan dengan pihak pertamina agar membangun DPPU di Belitung," kata Danlanud TNI AU H.AS Hanandjoeddin, Letkol (Pnb) Anang Heru Setiyono saat memberikan paparan.

Sebelumnya, sebanyak lima orang anggota komisi I DPR RI berkunjung ke Belitung. Tiba sejak Minggu (26/7/2015) kemarin, kelima anggota komisi yang membidangi (satu diantaranya) bidang pertahanan itu berkunjung ke Mako Lanud TNI AU H.AS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Senin (27/7) kemarin..

Kelima anggota DPR RI Komisi I itu adalah Rudianto Tjen, Martin Hutabarat, Alimin Abdullah, Marinus Gea, dan Elnino M. Husein. Para politisi ini dijadwalkan akan melakukan sejumlah kunjungan lain dan akan berada di Belitung hingga Rabu (29/6) besok.

Kunjungan ke Mako Lanud TNI AU H.AS Hanandjoeddin kemarin disambut dan didampingi oleh Danrem 045/Gaya Kolonel Inf. Murlim Mariadi dan Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Hendra Kusuma.

Tampak juga hadir Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem), Danlanud TNI AU H.AS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Letkol (Pnb) Anang Heru S, dan Dandim 0414 Belitung Letkol Arh Marthen.

Penulis: Dedi Qurniawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help