Hari Ini Harga Dollar Hampir Tembus Rp 14.000

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus mengalami tekanan, bahkan Bank Indonesia melihat bahwa pelemahan rupiah saat

Hari Ini Harga Dollar Hampir Tembus Rp 14.000
Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus mengalami tekanan, bahkan Bank Indonesia melihat bahwa pelemahan rupiah saat ini di bawah nilai fundamentalnya.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan, Bank Indonesia melihat bahwa pelemahan rupiah akhir-akhir ini telah terlalu dalam (overshoot) sehingga telah berada jauh di bawah nilai fundamentalnya (undervalued).

"Menyikapi perkembangan tersebut, Bank Indonesia telah dan akan terus berada di pasar untuk melakukan upaya stabilisasi nilai tukar rupiah," kata Agus dalam keterangan resminya, Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Dalam menyikapi pelemahan rupiah ini, kata Agus,‎ Bank Indonesia akan mengoptimalkan bauran kebijakan dan terus berkoordinasi dengan pemerintah dan otoritas lainnya.

Kurs tengah Bank Indonesia hari ini mencatat rupiah berada di posisi Rp 13.758 atau melemah 217 poin dari hari sebelumnya Rp 13.541 per dolar AS.

Data Bloomberg pada pukul 12.27 WIB, rupiah berada Rp 13.820 atau melemah dari posisi pembukaan tadi pagi di posisi Rp 13.689 per dolar AS.

Sejak pembukaan pukul 09.00 WIB hingga pukul tersebut‎, rupiah berada pada rentang Rp 13.685 hingga Rp 13.917 per dolar AS.

Editor: Hendra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved