Pangkalpinang Miliki Empat Jalur Destinasi Wisata

Pangkalpinang memiliki 21 destinasi bersejarah baik peninggalan masa Cina, masa Kolonial maupun masa pasca kemerdekaan.

Pangkalpinang Miliki Empat Jalur Destinasi Wisata
net
Bangka Botanical Garden 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan Kota Pangkalpinang memiliki empat jalur destinasi wisata yang bisa diandalkan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pangkalpinang, Akhmad Elvian mengatakan, empat destinasi itu diantaranya destinasi wisata bahari, destinasi wisata sejarah, destinasi wisata budaya dan destinasi wisata khusus.

"Ke empat destinasi ini memiliki keunggulan masing-masing," ujarnya di Pangkalpinang, jumat.

Ia mengatakan, khusus untuk destinasi wisata bahari, memiliki beberapa objek daya tarik wisata seperti Bangka Botanical Garden (BBG), pantai Pasir Padi dan pantai Tanjung Bunga.

"Objek wisata bahari lainnya yakni berupa beberapa bangunan yang mencerminkan kerukunan umat beragama di Pangkalpinang yang berada di dalam satu kawasan seperti Kelenteng Dewi Laut, Pura Jagatnata Surya Kencana dan beberapa kelenteng lainnya di dearah Desa Sampur," katanya.

Sedangkan untuk wisata sejarah, Pangkalpinang memiliki 21 destinasi bersejarah baik peninggalan masa Cina, masa Kolonial maupun masa pasca kemerdekaan.

"21 destinasi ini masing-masing memiliki sejarah yang cukup unik dan bisa menarik minta wisatawan untuk berkunjung ke destinasi tersebut," katanya.

Sementara untuk destinasi wisata budaya, pihaknya memfokuskan di Kelurahan Tua Tunu, Kecamatan Gerunggang yang dikenal dengan budaya nganggung.

"Budaya nganggung yang kita miliki ini tidak bisa ditemukan di daerah lain. Maka ini bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik wisatawan," jelasnya.

Ia mengatakan, Kota Pangkalpinang juga memiliki keunggulan pada destinasi wisata minat khsusus seperti yang berkaitan dengan kuliner, wisata belanja dan lain-lain.

"Untuk wisata minat khusus ini, Pangkalpinang juga memiliki berbagai macam jenis makanan yang bisa dijadikan ikon seperti lempah kuning, lempah darat, rusip dan beberapa jenis makanan lainnya," ujarnya.

Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help