Bappeda Bangka Tinjau Rimba Mambang dan Air Terjun Bukit Maras

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bangka meninjau langsung Hutan Rimba Mambang dan Air Terjun Bukit Maras

Bappeda Bangka Tinjau Rimba Mambang dan Air Terjun Bukit Maras
IST
Kabid Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Bangka Ervawi, didampingi Staf Bappeda Kabupaten Bangka Ilham Isnandi dan Herry Sandra Irawan serta staf dari kecamatan bersama Aparat Pemerintah Desa Dalil, Rabu (26/8/2015) saat meninjau Hutan Rimba Mambang dan Air Terjun Bukit Maras Desa Dalil Kecamatan Bakam

Citizen Reporter
Ilham Isnandi, Staf Bappeda Kabupaten Bangka

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bangka meninjau langsung Hutan Rimba Mambang dan Air Terjun Bukit Maras Desa Dalil Kecamatan Bakam, Rabu (26/8/2015) yang akan dijadikan objek wisata baru di Kabupaten Bangka.

Peninjauan ke lapangan ini dilakukan, Kabid Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Bangka Ervawi, didampingi Staf Bappeda Kabupaten Bangka Ilham Isnandi dan Herry Sandra Irawan serta staf dari kecamatan bersama Aparat Pemerintah Desa Dalil.

Peninjauan ke lokasi ini dilakukan untuk melihat langsung kondisi lapangan yang akan dibangun infrastruktur pada tahun 2016 nanti sebagai penunjang area objek wisata.

Saat memasuki lokasi menuju ke Hutan Rimba Mambang dan Air Terjun Bukit Maras, hutannya masih alami, dengan rapatnya pohon-pohon yang masih besar. Disana juga ditemukan ada madu hutan.

Pohon Rengas yang besar pun masih bisa ditemukan sembari berjalan dijalan rintis .

Menurut Kabid Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Bangka Ervawi, langkah awal dari pembentukan Hutan Wisata Rimba Mambang ini diawali dengan ditetapkannya hutan tersebut dalam bentuk peraturan desa yang melegalkan Rimba Mambang sebagai objek wisata.

Untuk itu Pemkab Bangka melakukan kerjasama dengan masyarakat yang turut mendukung dan peran serta mahasiswa KKN-PPM dari kampus UBB serta UNS Surakarta yang bakal KKN juga pada Januari nanti yang akan membantu pengelolaannya.

"Memang bakal ada mahasiswa yang akan KKN disini, Januari nantinya mulai datang dari UNS Surakarta, Insya Allah bisa bantu masyarakat dalam mengelola hutan ini," jelas Ervawi.

Menurut, Kades Desa Dalil, Mediawan keberhasilan membangun objek wisata Hutan Rimba Mambang dan Air Terjun Bukit Maras berkat kerja sama semua warga Desa Dalil.

"Tanpa ada kerja sama, saya yakin hutan ini akan menjadi hutan seperti daerah-daerah lainnya. Kita berembuk dengan warga kesepakatannya untuk menjadikan hutan wisata," kata Mediawan.

Rimba Mambang ini merupakan hutan desa yang dalam proses legalitasnya dengan total luas 55,57 hektar. Untuk itu hutan tersebut akan dibagi menjadi tiga konsep, wisata hutan, wisata edukasi, serta wisata budaya.

"Nanti kita bagi-bagikan mana yang untuk kapling edukasi dan mana yang bakal menjadi kapling wisata.
Warga kampung juga mendukung rupanya, jadi kita usahakan seperti ini. Alhamdulillah Pak Bupati merespon," jelas Mediawan.

Menurutnya, rencana awal pembangunan hutan ini diawali dengan pembuatan gerbang hutan yang akan dianggarkan pada APBD Kabupaten Bangka 2016.

Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved