Faskes Tingkat I BPJS Kesehatan, Gratis!

Semua pelayanan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat I BPJS Kesehatan tidak dipungut bayaran alias gratis.

Faskes Tingkat I BPJS Kesehatan, Gratis!
tribunnews.com
Kartu anggota BPJS. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Alza Munzi

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regional III Sumsel, Bengkulu dan Babel Fachrurrozi memastikan, semua pelayanan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat I BPJS Kesehatan tidak dipungut bayaran alias gratis.

Menurutnya, faskes yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan baik puskesmas maupun klinik kesehatan sudah membuat pernyataan kesanggupan sebagai mitra kerja, untuk melayani peserta BPJS Kesehatan.

"Ada 144 diagnosa penyakit pada faskes tingkat I yang dilayani. Karena pada tingkat dasar, semua biaya tercakup oleh BPJS Kesehatan. Memang kami akui di lapangan, keluhan masyarakat yakni masih ada yang diminta bayar macam-macam. Pihak BPJS Kesehatan yang disalahkan, karena dianggap tidak melayani sepenuhnya," kata Fachrurrozi didampingi Kepala Cabang BPJS Kesehatan Babel M Cucu Zakaria kepada bangkapos.com, Senin (21/9/2015).

Fachrurrozi mengatakan, pihaknya membayar klaim dari mitra yang melayani pasien BPJS Kesehatan secara periodik. Komitmen BPJS Kesehatan membantu masyarakat, menurutnya sangat besar meski fakta di lapangan banyak keluhan terkait pelayanan klinik dan rumah sakit.

Untuk itu, Fachrurrozi minta masyarakat untuk saling peduli menyikapi masalah tersebut. Jika ada keluhan, dia mempersilakan menyampaikan kepada BPJS Kesehatan Babel.

"Kebetulan saya adalah dokter, Pak Cucu juga dokter sehingga tahu bahwa pasien pada posisi yang lemah, tidak tahu apa-apa. Jadi apa saja diberikan asal sembuh," ujarnya.

Dia juga tidak membantah ada oknum di rumah sakit, klinik mitra BPJS Kesehatan berbuat di luar prosedur. Meminta biaya tanpa dasar yang jelas terhadap pasien BPJS Kesehatan, menurut Fachrurrazi adalah pelanggaran komitmen.

Penulis: Alza Munzi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help