Kalau Terjadi Kebakaran, Tarmizi Khawatir Ular Masuk ke Perumahan

Bupati Bangka H Tarmizi Saat mengatakan untuk mengatasi kebakaran di Bukit Maras, Pemkab Bangka dan Polres Bangka

Kalau Terjadi Kebakaran, Tarmizi Khawatir Ular Masuk ke Perumahan
Bangka Pos / Iwan S
Kapolres Bangka AKBP Sekar Maulana, Jumat (18/9/2015) memimpin tim gabungan mendaki lereng bukit Maras guna memadamkan kebakaran yang terjadi sejak Rabu (16/9/2015) lalu ini.

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Bupati Bangka H Tarmizi Saat mengatakan untuk mengatasi kebakaran di Bukit Maras, Pemkab Bangka dan Polres Bangka sudah berupaya mengatasi supaya api bisa dipadamkan.

"Pak kapolres terjun ke lapangan, pak sekda turun, pemadam kebakaran, satpol pp sebatas kita mampu kita laksanakan," kata Tarmizi kepada bangkapos.com usai pencanangan bulan eliminasi kaki gajah (belkaga) dan pemberian obat pencegahan massal filariasis Kabupaten Bangka 2015, Kamis (1/10/2015) di Kantor Camat Merawang.

Dia mengatakan di Gunung Maras ada dua titik api yang harus dipadamkan, namun kondisi di lapangan curam sehingga sulit dipadamkan. Daripada membahayakan maka harus dilokalisir agar kebakaran tidak meluas.

Mengenai inisiatif dari Ketua Laskar Sekaban M Achin agar Pemkab Bangka menyiapkan dana sekitar Rp 50 juta untuk memadamkan api di Gunung Maras menurutnya tidak masalah.

"Cuma yang kita pikir ke depan. Nanti kita buat jalan dengan izin menteri antara kawasan konservasi dengan APL itu kita buat jalan lebar 10 meter. Itu lagi diusulkan. Supaya ke depan tidak terjadi lagi," jelas Tarmizi.

Menurutnya yang perlu dipikirkan jangka panjang sehingga kebakaran parah seperti sekarang ini tidak terjadi kembali.

Dia khawatir kebakaran di hutan-hutan ini menyebabkan hewan-hewan buas masuk ke kampung.

"Nanti kalau kebakarannya hebat, ular besar masuk ke kampung bagaimana. Itu yang harus dipikirkan," kata Tarmizi.

Baca Berita selengkapnya terkait penanganan kebakaran dan kabut asap yang terjadi di Bangka Belitung hanya di Harian Cetak Bangka Pos dan Babel News, edisi Jumat (2/10/2015).

Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved