Inflasi di Babel Harus Diwaspadai

Inflasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bulan September 2015 sebesar 0,97% (mtm), lebih rendah dibandingkan

Inflasi di Babel Harus Diwaspadai
Inflasi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Inflasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bulan September 2015 sebesar 0,97% (mtm), lebih rendah dibandingkan inflasi bulan sebelumnya sebesar 1,19% (mtm).

“Capaian inflasi hingga saat ini masih terkendali, namun tetap perlu untuk diwaspadai dan terus diupayakan pencapaian yang lebih rendah seiring masih adanya potensi tekanan dan risiko hingga akhir tahun”, jelas Bayu Martanto, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Melambatnya inflasi Babel pada bulan September 2015 terutama disumbangkan oleh penurunan inflasi kota Tanjungpandan yang bulan ini tercatat sebesar 1,20% atau turun dari bulan sebelumnya sebesar 2,29% (mtm).

Penurunan ini terutama disebabkan oleh penurunan inflasi pada kelompok inti dan volatile food. Meningkatnya harga komoditas menjadi pendorong terjadinya inflasi sebesar 0,52% (mtm) di kelompok inti.

Sedangkan inflasi pada kelompok volatile food sebesar 0,80% (mtm) disebabkan oleh meningkatnya harga sejumlah komoditas seperti daging ayam ras, ikan hasil laut, cabai rawit dan sayuran. Sementara itu kelompok administered prices memberikan andil inflasi sebesar 0,01%, terutama inflasi pada tarif tiket pesawat.

Sejalan dengan Kota Tanjungpandan yang mengalami inflasi, kota Pangkalpinang mencatatkan inflasi sebesar 0,84% (mtm), sedikit lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya inflasi sebesar 0,58% (mtm).

“Inflasi terutama terjadi pada kelompok bahan makanan seiring dengan meningkatnya permintaan disamping terbatasnya pasokan komoditas ikan karena gelombang laut dan cuaca yang kurang mendukung serta meningkatnya harga pada kelompok pendidikan, rekreasi, dan olah raga yang bersumber dari meningkatnya biaya pendidikan di tingkat Akademi/Perguruan Tinggi dan pakaian olah raga”, demikian ungkap Bayu Martanto.

Tags
Inflasi
Penulis: khamelia
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help