Kebakaran Lahan Masih Terjadi di Beltim

Kasi Damkar, Kabupaten Beltim, Haryono mengatakan sampai Minggu (4/10) kemarin, kebakaran hutan masih terjadi di beberapa titik

Kebakaran Lahan Masih Terjadi di Beltim
bangkapos.com/Dede Suhendar
BEKAS TERBAKAR. Satu diantara hutan yang terletak di sekitar kawasan hutan daerah Dusun Liring, Desa Simpang Tige, terlihat bekas terbakar, Sabtu (3/10). 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG --- Kasi Damkar, Kabupaten Beltim, Haryono mengatakan sampai Minggu (4/10) kemarin, kebakaran hutan masih terjadi di beberapa titik. Tepatnya di sekitar Desa Harapan Jaya, yang merupakan lahan gambut.

Ia mengakui semenjak beberapa bulan lalu, kebakaran lahan pemukiman berjumlah ratusan hektar, tersebar di tiga kecamatan. Menurutnya daerah rawan terjadi kebaran tersebut terdapat di Kecamatan Manggar, Gantung dan Kelapa Kampit.

"Sesuai dengan SOP, kami dari Damkar cenderung kebakaran di wilayah perkotaan dan lahan pemukiman. Tapi kalau sudah diminta bantuan, tetap akan turunkan armada," ujarnya.

Ia menambahkan semenjak terjadinya kasus kebakaran lahan di Beltim, Dinas Kesehatan sudah pernah meminta lokasi titik rawan asap. Walaupun kondisi asap di Negeri Laskar Pelangi tersebut masih terbilang aman.

"Kalau kemarin itu kan berupa asap kiriman. Jadi masih bisa dikatakan aman," ungkapnya.

Sampai saat ini, lanjutnya, pelaku yang sengaja melakukan pembakaran lahan masih belum tertangkap. Sehingga ia menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dan bijaksana dalam membakar lahan.

Dikarenakan berdasarkan edaran yang diterima Damkar, pelaku pembakaran lahan bisa dijatuhi hukuman pidana.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved