Welly Terpaksa Masukkan Pengerukan Kolong ke Program Kerja PDAM

Direktur PDAM Tirta Bangka Wellindra Bashir mengakui pengerukan Kolong Dam 1 Pemali yang menjadi sumber air baku PDAM Tirta Bangka

Welly Terpaksa Masukkan Pengerukan Kolong ke Program Kerja PDAM
IST
Satu unit Eskavator, Rabu (7/10/2015) sedang mengeruk Kolong Dam 1 Pemali yang menjadi sumber air baku PDAM Tirta Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Direktur PDAM Tirta Bangka Wellindra Bashir mengakui pengerukan Kolong Dam 1 Pemali yang menjadi sumber air baku PDAM Tirta Bangka, tidak ada dalam program kerja PDAM tetapi kondisi kemarau memaksanya untuk melakukan pengerukan.

Untuk itu ia telah laporkan ke Dewan Pengawas PDAM Tirta Bangka dan Bupati Bangka H Tarmizi Saat.

"Intinya saya koordinasi dengan pimpinan dan dewan pengawas. Ya namanya bencana alam force majeure mungkin ini dampak elnino panas alam yang sudah di ambang wajar sehingga tidak hanya kekeringan tapi juga kebakaran," ungkap Welly yang akrab disapa Welly Wiba kepada bangkapos.com, Rabu (7/10/2015) malam.

Ia mengaku hampir setiap minggu memantau kondisi air baku PDAM, bahkan sudah menjadi kelender kerja khusus selama musim kemarau ini. Untuk sumber air baku di wilayah Belinyu di Kolong Pasir Mera Belinyu, minggu kemarin dicek masih aman.

Sedangkan sumber air baku di Kolong PLN masih dalam hitungan hari keringnya sehingga akan dipindahkan ke Kolong Mewang.

"Bila perlu di Belinyu ada ponton kita bawa ke Kolong Merawang. Ponton di Merawang kalau kita pasang di Kolong Merawang pompanya bisa kita bawa ke tengah kolong," jelas Welly.

Namun dia memastikan untuk saat ini operasional air ke pelanggan masih aman. "Saya pastikan saat ini kalau situasinya berubah drastis kita sudah siapkan langkah alternatif, tapi semoga tidak kering kolongnya kan sudah ada tanda-tanda hujan," kata Welly.

Ia memperkirakan, untuk Kolong Dam 1 Pemali kecil kemungkinan kering apalagi sudah diakukan pendalaman alur masuk air.

Sedangkan untuk pelayanan pemasangan pelanggan baru PDAM cukup banyak. Welly menyebutkan pada September 2015 ini ratusan pelanggan meminta pemasangan baru PDAM.

Baca berita selengkapnya hanya di Harian Cetak Bangka Pos dan Babel News, edisi Kamis (8/10/2015)

Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved