1 Januari Subsidi Listrik Dicabut

PT PLN (Persero) bersiap melaksanakan kebijakan subsidi listrik yang ditetapkan dalam rapat antara Kementerian Energi

1 Januari Subsidi Listrik Dicabut
Ilustrasi 

45.000 Pelanggan Babel Diduga Tidak Tepat Sasaran

PANGKALPINANG, BANGKA POS - PT PLN (Persero) bersiap melaksanakan kebijakan subsidi listrik yang ditetapkan dalam rapat antara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dengan Komisi VI DPR RI belum lama ini. Kebijakan itu adalah mencabut subsidi listrik pada 1 Januari 2016.

Mereka yang terkena kebijakan itu adalah pelanggan yang tidak termasuk kategori miskin atau rentan miskin.
PLN akan menggunakan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) untuk menetapkan keluarga yang mendapatkan subsidi listrik.

Saat ini masih ada 48 juta KK yang menjadi golongan pelanggan 450 VA dan 900 VA. Golongan tersebut masuk dalam kategori masyarakat kecil, sehingga bisa menikmati subsidi listrik.

Namun, dari data tim tersebut yang terdaftar sebagai keluarga miskin hanya sebanyak 24,7 juta keluarga. Jadi sisanya, sebanyak 23 juta KK akan dicabut subsidinya tahun depan.

Sekretaris Perusahaan PLN, Adi Supriono mengatakan, PLN memberi pilihan kepada pelanggan yang tidak masuk kategori miskin untuk menaikkan daya atau tetap menggunakan daya tersebut.

Bila tetap menggunakan daya tersebut maka mereka harus membayar dengan tarif yang tidak disubsidi lagi.

"Yang dimigrasi adalah tarifnya, kalau misalnya dia masih ingin tetap di 450 Va - 900 Va harganya beda," kata Adi, di Kantor PLN Pusat, Selasa (27/10).

Humas PT PLN wilayah Babel, Agus Yuswanta mengatakan pihaknya masih menunggu data valid sebagai acuan dalam penyeleksi penerima subsidi listrik.

Apabila dibandingkan dengan data keluarga prasejahtera ditambah keluarga sejahtera 1 dan 2 yang dirilis BKKBN tahun lalu, diperkirakan ada 45 ribu pelanggan di Babel yang bakal terkena kebijakan pencabutan subsidi listrik.

Halaman
1234
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved