Sebelum Pemilihan, Harta Peserta Pilkada Akan Diumumkan

Satu di antara syarat calon kepala daerah pada Pilkada Serentak adalah menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara ke KPK RI.

Sebelum Pemilihan, Harta Peserta Pilkada Akan Diumumkan
POSBELITUNG/DEDY Q
Komisoner KPU Beltim Divisi Humas, Antar Lembaga, Sosialisasi dan Divisi Pencalonan, Suro Mampan Siregar. 

Laporan wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG- Satu di antara syarat calon kepala daerah pada Pilkada Serentak adalah menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara ke KPK RI.

Komisioner KPU Beltim Divisi Humas, Antarlembaga, Sosialisasi, dan Divisi Pencalonan Suro Mampan Siregar, menjelaskan, saat mendaftarkan diri sebagai calon kepala daerah, para calon memang diminta untu melampirkan bukti terima LHKPN dari KPK RI.

Kata dia, bukti terima LHKPN dari KPK RI merupakan satu di antara syarat calon yang harus dipenuhi. Lalu, kata dia, KPK RI bersurat ke KPU bahwa LHKPN itu sudah siap untuk diambil dan diumumkan.

"Ini harus diumumkan sebelum hari pemungutan suara. Tujuannya, mungkin agar masyarakat atau instansi terkait bisa sama-sama mengawasi kepala daerah terpilih nantinya. Misalnya, bagaimana perkembangan kekayaannya setiap tahun," beber Suro.

Dia membenarkan pihaknya akan segera mengumumkan rincian laporan tersebut.

Pihaknya akan menjemput LHKPN yang berisi jumlah total kekayaan para kandidat kepala daerah di Kabupaten Beltim ke KPK.

"Baru mau diambil. Mungkin Selasa (3/11/2015) nanti. Tapi yang jelas di minggu-minggu pertama November" ujar Suro saat dihubungi Pos Belitung, Jumat (30/10/2015).

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved