Hanya Dihadiri 9 Anggota Dewan, Paripurna APBD 2016 Bateng Tertunda

Pembahasan RAPBD ini, merupakan komponen penting dalam menjalankan roda pemerintahan.

Hanya Dihadiri 9 Anggota Dewan, Paripurna APBD 2016 Bateng Tertunda
bangkapos.com/Zulkodri
Ruang rapat Paripurna DPRD Bateng yang kosong,

Laporan wartawan Bankapos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Setelah sebelumnya, sempat tertunda rapat paripurna RKUA dan PPAS beberapa waktu lalu, kembali Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dengan agenda penyampaian Raperda APBD 2016 ditunda dengan permasalahan yang sama, yakni jumlah anggota DPRD Bateng tidak kuorum.

Padahal pembahasan RAPBD ini, merupakan komponen penting dalam menjalankan roda pemerintahan.

Informasi dihimpun bangkapos.com, Senin (09/11/2015) rapat paripurna seyogyanya dijadwalkan sekitar pukul 09.00 WIB, namun hingga pukul 10.00 WIB, belum juga dimulai padahal sejumlah undangan beserta kepala SKPD di lingkungan Pemkab Bateng, sudah hadir memenuhi ruang rapat paripurna.

Kursi-kursi undangan pun sudah terisi. Akan tetapi, pemandangan berbeda terlihat kontras di kursi yang akan ditempati oleh wakil rakyat, dimana kursi yang tampak tersusun rapi, terlihat kosong melompong tanpa dihadiri oleh satu orang pun wakil rakyat. Pj. Bupati Bateng H. Sunardi dan Plt. Sekda Bateng H. Saimi pun sudah datang lebih awal sejak pukul 08.30 WIB dan langsung menuju ruang Ketua DPRD Bateng.

Entah kenapa sebabnya, namun menjelang pukul 11.00 WIB belum juga ada tanda-tanda rapat paripurna ini akan dimulai. Karena sudah menunggu terlalu lama, para Kepala SKPD ada yang kembali ngantor dan balik lagi ke gedung rakyat, tapi rapat paripurna belum juga dimulai.

Selain itu, tampak juga beberapa anggota DPRD Bateng yang sebelumnya 'mengurung diri' di ruang komisinya masing-masing, keluar dari area gedung.

Setelah tertunda tanpa alasan yang jelas, sekitar pukul 11.30 WIB rapat paripurna pun dimulai yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bateng Algafry Rahman.

Kendati 'dipaksakan' untuk dimulai, rapat ini tetap saja tidak mencapai kuorum. Sedangkan yang hadir, sesuai laporan Sekretaris DPRD Bateng, Iskandar cuma sembilan orang atau jika dipersentasekan sebesar 36 persen saja, antara lain Algafry Rahman, Syamsuhairil, Syahroni, Mehoa, Erlansyah, Sartoni, Tasmin Tamsil, Era Susanto dan Jumroh Toha.

Jika dilihat dari fraksi, rinciannya Fraksi Golkar yang hadir sebanyak enam orang dari 10 orang anggota, Fraksi PDIP yang hadir sebanyak dua orang dari lima orang anggota, Fraksi PPP yang hadir sebanyak dua orang dari empat orang anggota dan Fraksi PAN serta Fraksi Gerakan Keadilan tidak hadir satu orang anggota pun dari masing-masing tiga orang anggota.

Halaman
12
Penulis: zulkodri
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved