PDAM Buat Sistem Sumuran di Kolong PLTD Merawang

Langkah tersebut dilakukan dengan membuat sistem sumuran di Kolong PLTD Merawang karena dinilai efektif, murah aman dan cepat.

PDAM Buat Sistem Sumuran di Kolong PLTD Merawang
IST
Direktur PDAM Tirta Bangka Wellindra bersama Staf PDAM Tirta Bangka, melakukan sistem sumuran, di Kolong PLTD Merawang. (ist)

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Direktur PDAM Tirta Bangka Wellindra Bashir, mengatakan, langkah yang mereka ambil untuk menyelamatkan sumber air baku agar bisa mengalirkan air kepada pelanggan PDAM sudah dilaporkan kepada Bupati Bangka H Tarmizi Saat dan disetujui oleh dewan pengawas.

Untuk itu pihaknya mengambil langkah cepat, murah dan jangka panjang dengan menggunakan anggaran PDAM dengan melakukan investasi cari yang paling efektif dan dan prioritas.

Langkah tersebut dilakukan dengan membuat sistem sumuran di Kolong PLTD Merawang karena dinilai efektif, murah aman dan cepat.

Sistim ini menurutnya, murni hasil ide tim kerja PDAM dalam rapat setelah disepakati dan desain langsung dilaksanakan.

"Hal ini kami lakukan terkait dengan robohnyanya jembatan intake akibat air kering dan bebannya berat tapi kami tidak boleh larut," tegas Wellindra kepada bangkapos.com, Senin (9/11/2015).

Ia mengatakan, untuk sistem sumuran ini, PDAM memasang pipa dia delapan dim sepanjang 60 meter dari kolong PLTD tersebut ke arah daratan pinggir kolong, di bawah permukaan lantai kolong dan menggali dengan escavator sedalam hampir 4 meter. Saat ini mereka juga memasang pompa summer sible jenis SP kapasitas 40 liter/detik.

"Kami hubungkan ke sumur lebar 1 meter dan dalamnya sumur 7 meter 3 meter di bawah pipa 4 meter ke atas Saat ini kami pasang pompa summer sible jenis SP kapasitas 40 liter/detik. Dan telah kami uji coba selama dua hari hasilnya mantap," ungkap Wellindra.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help