Tom Minta RAPBD Beltim 2016 Rampung Sebelum 30 November

Ketua DPRD Beltim Tom Haryono Harun meminta RAPBD 2016 tersebut harus selesai dibahas sebelum 30 November

Tom Minta RAPBD Beltim 2016 Rampung Sebelum 30 November
bangkapos.com/dok
Ketua DPRD Beltim Tom Haryono Harun 

Laporan wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Ketua DPRD Beltim Tom Haryono Harun meminta RAPBD 2016 tersebut harus selesai dibahas sebelum 30 November 2015. Tom meminta SKPD lebih serius dalam pembahasan.

"Konsekeunsinya tidak bisa saya jelaskan di sini. Mungkin bapak ibu sudah tahu. Kalau tidak begitu urgent, mending keluar daerahnya dipending dulu. Ini informasi yang disampaikan ketua-ketua komisi, Kepala SKPD sering tak hadir dengan alasan sedang keluar daerah,' kata Tom kepada peserta sidang paripurna, Senin (9/11/2015)

Saat dikonfirmasi usai paripurna, Tom mengatakan, konsekeunsi yang akan diterima apabila RAPBD Beltim 2016 belum juga rampung hingga 30 November adalah pengurangan Dana Alokasi Umum (DAU).

"Sebenarnya ketentuan ini sudah disampaikan beberapa tahun lalu, tapi masih ada toleransi. Untuk tahun ini tidak ada lagi," kata Tom.

Berdasarkan pidato Penjabat Bupati Belitung Timur pada paripurna penyampaian RAPBD Beltim 2016, recara umum, rencana pendapatan daerah pada tahun 2016 diproyeksikan sebesar Rp 727,5 M. Proyeksi ini mengalami peningkatan sebesar 6,35 persen atau sebesar Rp 43, 4 M.

Dominasi pendapatan daerah berasal dari dana perimbangan yakni sebesar Rp 563,8 M. Jumlah ini didominasi oleh Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 412,8 M. Angka DAU tersebut masih mengacu pada tahun anggaran sebelumnya karena ketentuan DAU 2016 belum ditetapkan oleh pemerintah pusat.

DAU merupakan sejumlah dana yang dialokasikan kepada setiap Daerah Otonom (provinsi/kabupaten/kota) setiap tahun sebagai dana pembangunan. DAU merupakan komponen belanja pada APBN dan menjadi satu di antara komponen pendapatan pada APBD.

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved