Harga Emas Dunia Semakin Murah, Turun 3,9 Dollar Per Ons

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir turun pada Kamis (12/11/2015) waktu setempat (Jumat pagi WIB).

Harga Emas Dunia Semakin Murah, Turun 3,9 Dollar Per Ons
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM, CHICAGO,  - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir turun pada Kamis (12/11/2015) waktu setempat (Jumat pagi WIB).

Pelemahan harga logam mulia ini karena data AS yang positif meningkatkan spekulasi bahwa bank sentral Amerika Serika akan menaikkan suku bunga pada Desember ini.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember turun 3,9 dollar AS, atau 0,36 persen, menjadi menetap di 1.081,00 dollar AS per ounce.

Emas berada di bawah tekanan karena tanda-tanda penguatan muncul dari laporan-laporan dara ekonomi AS pada Kamis.

Para analis awalnya memperkirakan kenaikan suku bunga akan ditunda sampai 2016, tetapi pertemuan FOMC pada akhir Oktober meninggalkan pintu terbuka bagi The Fed untuk menaikkan suku sebelum akhir 2015.

Peningkatan suku bunga The Fed mendorong investor menjauh dari emas dan menuju aset-aset dengan imbal hasil, karena logam mulia tidak mengenakan suku bunga.

Sementara itu perak untuk pengiriman Desember turun 3,8 sen, atau 0,27 persen, menjadi 14,225 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari turun 6,2 dollar AS, atau 0,70 persen, menjadi 876,90 dollar AS per ounce.

Editor: Hendra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help