Tim Ini Ditakuti Raksasa Eropa

Turki tak harus berkeringat di babak play-off karena status mereka sebagai tim peringkat ketiga terbaik Kualifikasi Euro 2016.

Tim Ini Ditakuti Raksasa Eropa
Getty Images
Arda Turan dan kawan-kawan, siap bikin kejutan lagi di Euro 2016.

BANGKAPOS.COM - Berkat status mereka sebagai tim peringkat ketiga terbaik Kualifikasi Euro 2016, Turki tak perlu berkeringat di babak play-off.

Regulasi anyar menyebut bahwa tim peringkat tiga terbaik berhak mendapatkan tiket otomatis ke Euro 2016 yang digelar di Prancis. Kendati demikian, babak play-off Euro 2016 tetap punya dampak krusial bagi Turki. Jika minimal tiga dari empat tim unggulan di babak play-off (Bosnia-Herzegovina, Ukraina, Swedia atau Hungaria) sukses melanjutkan langkah ke Prancis, Turki akan berada di pot empat saat pengundian grup Euro 2016 digelar 12 Desember mendatang.

Berada di pot empat akan meningkatkan kans Turki berada di grup maut. Salah satu skenario terburuk bagi tim Bulan Sabit dan Bintang itu adalah berada satu grup dengan tuan rumah Prancis, Italia, dan Polandia!

Hanya, kesuksesan Turki menyingkirkan Belanda di babak Kualifikasi Euro 2016 sepertinya telah menebalkan rasa percaya diri mereka.

“Jika memungkinkan, kami ingin bermain di laga pembuka turnamen menghadapi Prancis di Paris,” kata pelatih Turki, Fatih Terim, di Hurriyet.

Ya. Raksasa-raksasa Eropa patut merasa jeri jika melihat pencapaian Turki di sepanjang 2015. Kemenangan 1-0 Turki atas Islandia di babak Kualifikasi Euro 2016 Grup A 13 Oktober silam memperpanjang catatan tanpa kalah mereka di tahun ini menjadi delapan laga.

Senjata utama Turki adalah daya juang mereka yang luar biasa. Arda Turan cs. pantang mengibarkan bendera putih sampai peluit tanda pertandingan berakhir benar-benar mereka dengar.

Pada 2015, Turki kerap bikin gol-gol krusial pada periode akhir pertandingan. Tugas Terim kini adalah menjaga semangat anak asuhnya agar tetap berkobar sampai Euro 2016 digelar.

Artinya, Turki wajib mengakhiri 2015 dengan pencapaian istimewa. Tim Bulan Sabit dan Bintang punya kans bagus melakukannya menilik lawan terakhir mereka di tahun ini “cuma” Yunani (17/11).

Yunani gagal lolos ke Euro 2016 dan hanya menghuni pos paling buncit di babak kualifikasi. Jika Turki bisa menutup 2015 dengan manis, terjawab sudah alasan kenapa mereka berani menantang Prancis. (BOLA)

Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help