Depo Arsip Belitung Hanya Simpang 6 Jenis Arsip

Ada enam jenis arsip yang disimpan di depo arsip.

Laporan wartawan Pos Belitung Novita

BANGKAPOS.COM,  BELITUNG - Direktur Kearsipan Daerah II untuk Sumatera dan Jawa pada Arsip Nasional Republik Indonesia, Asep Mukhtar Mawardi mengatakan ada enam jenis arsip yang disimpan di depo arsip.

Pertama adalah arsip statis yang memiliki nilai sejarah tentang daerah itu. Kedua, arsip yang retensinya di atas 10 tahun. Ketiga, arsip desa.

Keempat adalah arsip organisasi politik untuk cabang daerah. Kelima, arsip organisasi kemasyarakatan. Sedangkan keenam, arsip perorangan yang menjadi tokoh daerah.

"Kalau masyarakat umum punya bukti sejarah, kalau dia punya dokumen-dokumen, daripada dimaksukkan ke dalam peti dan dipasrahkan ke ahli warisnya, lebih baik disimpan di sini. Itu ada aturannya," kata Asep kepada Pos Belitung usai peresmian gedung depo arsip Kabupaten Belitung, Rabu (18/11/2015).

Gedung depo arsip Kabupaten Belitung diresmikan oleh Bupati Belitung Sahani Saleh pada Rabu (18/11).

Kasi Pengolahan dan Pelestarian bahan Pustaka pada Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Belitung, Septi Anggraheni menjelaskan gedung depo arsip terdiri dari dua lantai. Pada lantai pertama terdapat ruang administrasi dan ruang penyimpanan arsip.

Di lantai dua terdapat ruang pengelolahan arsip. Hanya saja di ruangan ini belum dilengkapi sarana prasarana. Di sampingnya terdapat sebuah ruangan yang sementara ini digunakan sebagai ruangan pertemuan.

"Karena secara standar sebenarnya ruang arsip tidak boleh ada ruang pertemuan. Jadi hanya sementara," kata Septi .

Jadi, lanjut Septi, gedung arsip itu hanya berisi pelayanan, administrasi, pelayanan arsip, pengolahan arsip dan pelestarian arsip.

Kepala Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Belitung, Bakhtiar merasa bersyukur karena Kabupaten Belitung kini memiliki depo arsip.

Sebelum ada depo, kata Bakhtiar, arsip-arsip disimpan di dinas-dinas yang ada di lingkungan Pemkab Belitung.

Depo arsip Kabupaten Belitung yang diresmikan pada Rabu (18/11), salah satu fungsinya adalah menyimpan dan mengelola arsip Kabupaten Belitung.

"Depo arsip perlu mendapat dukungan dari semua pihak, karena arsip adalah bukti otentik dari perjalanan pembangunan Kabupaten Belitung," kata Bakhtiar .

Bakhtiar berharap depo arsip Kabupaten Belitung bisa memberikan manfaat dalam mewujudkan penataan arsip daerah dengan baik, serta dan bernilai guna bagi Kabupaten Belitung.

Penulis: Novita
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help