Curiga LHKPN Paslon Pilkada Beltim, Silakan Lapor ke KPK

Komisioner KPU Beltim Divisi Humas, Antarlembaga, Sosialisasi dan Divisi Pencalonan Suro Mampan Siregar menyilakan masyarakat

Curiga LHKPN Paslon Pilkada Beltim, Silakan Lapor ke KPK
dok. bangkapos.com
Komisoner KPU Beltim Divisi Humas, Antar Lembaga, Sosialisasi dan Divisi Pencalonan, Suro Mampan Siregar. 

Laporan wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG- Komisioner KPU Beltim Divisi Humas, Antarlembaga, Sosialisasi dan Divisi Pencalonan Suro Mampan Siregar menyilakan masyarakat merespon pengumuman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Apabila masyarakat merasa janggal bisa disampaikan ke KPK RI.

"Sebenarnya silakan saja ke KPK. Karena memang dari KPK. Kami hanya memfasilitasi pengumuman. Soal benar tidaknya (LHKPN), kalau punya bukti yang kuat, sampaikan saja ke KPK. Jangan pakai kata 'kalau tidak salah tanah ini sekian-sekian'," kata Suro kepada Pos Belitung, Sabtu (28/11/2015)

Suro mengatakan, pihaknya hanya mengumumkan LHKPN tersebut. "Mungkin filosofinya agar masyarakat benar-benar kenal siapa calonnya, termasuk harta kekayaannya," kata Suro.

KPU Beltim telah mengumumkan LHKPN para paslon di Pilkada Serentak Kabupaten Beltim. Dokumen pengumuman LHKPN dari KPK RI ini ditandatangani oleh Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN Cahya H. Harefa dan Plh. Deputi Bidnag Pencegahan yang juga dijabat Cahya H. Harefa.

Calon bupati Belitung Timur (Beltim) nomor urut 2 Usmandie Andeska merupakan calon bupati Beltim terkaya pada Pilkada Beltim 2015. Per 27 Juli 2015, Andeska yang sering disebut-sebut sebagai bos kawasan wisata Bukit Pangkuan itu memiliki kekayaan dengan total Rp 2,57 miliar.

Sementara pasangan Andeska, calon wakil bupati Beltim Musdiyana, tercatat memiliki kekayaan dengan total Rp 720 juta. Status laporan harta kekayaan mantan anggota DPRD Beltim tersebut adalah per 22 Juli 2015.

Sementara harta kekayaan calon bupati Beltim nomor urut 1,Yuslih Ihza tercatat memiliki total kekayaan sebesar Rp 1,76 M. Total kekayaan ini dihitung berdasarkan laporan terakhir yakni per 31 Juli 2015.

Pada laporan terdahulunya, per 23 April 2015, total kekayaan kakak Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra itu adalah Rp 1,93.

Pasangan Yuslih, calon wakil bupati Beltim Burhanudin, tercatat memiliki kekayaan dengan total Rp 1,18 M. Status laporan harta kekayaan ini adalah per 28 Juli 2015. Pada laporan terdahulunya, per 21 Agustus 2013, pria yang akrab disapa Aan itu memiliki kekayaan dengan total Rp 1,19 M.

Adapun calon bupati Beltim nomor urut 3 Basuri Tjahaja Purnama memiliki kekayaan dengan total Rp 1,4 M. Kekayaan adik Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok itu adalah kekayaan yang dilaporkan per 28 Juli 2015. Pada laporan terdahulunya, per 12 Maret 2010, Basuri tercatat memiliki kekayaan senilai Rp 1,25 M.

Sementara, pasangan Basuri, calon wakil bupati Beltim Fezzi Uktolseja, tercatat memiliki kekayaan dengan total Rp 1,39 M. Kekayaan mantan anggota DPRD Beltim tersebut adalah berdasarkan laporan per 23 Juli 2015. Pada laporan terdahulunya, per 8 Januari 2015, kekayaan Fezzi yang dilaporkan adalah senilai Rp 1,4 M.

"Masyarakat dapat melihat LHKPN ini. Kami akan umumkan di laman website KPU Beltim. Ini memang harus diumumkan," kata Suro Jumat (27/11) kemarin.

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help