BangkaPos/

Pensiunan PT Timah Tak Mau Pakai BPJS

Pensiunan minta pelayanan kesehatan dikembalikan sama seperti sebelumnya yakni ditanggung pihak perusahaan sesuai perjanjian kerja bersama (PKB).

Pensiunan PT Timah Tak Mau Pakai BPJS
Bangkapos.com/
Aksi damai pensiunan PT Timah, Rabu (10/12/2014) 

PANGKALPINANG, BANGKA POS - Pensiunan PT Timah Tbk memenuhi ruang rapat pansus DPRD Babel, Senin (30/11).

Mereka mengadu soal layanan kesehatan yang diberikan PT Timah Tbk berupa BPJS Kesehatan, harus ditinjau ulang.

Ketua Purna Pensiunan PT Timah Tbk Mulyadi mengatakan, pihak perusahaan harus berlaku adil terhadap pensiunan.

Dia ingin perusahaan memberikan layanan kesehatan sama dengan karyawan aktif atau layanan kesehatan sebelumnya.

"Perusahaan mengatakan tidak dalam kondisi baik sehingga perlu efisiensi, itu tidak benar. Para pensiunan memiliki hak untuk mendapat pelayanan yang lebih baik," kata Mulyadi yang pensiun tahun 2002 lalu.

Mulyadi yang pernah menjabat Direktur Operasi PT Timah Tbk mengaku, mengetahui kondisi perusahaan termasuk jumlah produksi dan sebagainya.

Sehingga, menurutnya, kurang tepat perusahaan mengeluarkan kebijakan yang memberikan layanan kesehatan kepada pensiunan berupa BPJS Kesehatan.

Tampak hadir dalam pertemuan itu, Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya dan beberapa anggota serta perwakilan BPJS Kesehatan Babel.

Didit mengatakan, pertemuan tersebut untuk menindaklanjuti hasil pertemuan sebelumnya.

"Tim dari DPRD Babel sudah berkonsultasi dengan Kementerian Tenaga Kerja, BUMN untuk membahas persoalan ini," kata Didit.

Terlihat pula, kertas putih yang ditempel di pintu masuk ruang rapat bertuliskan sejumlah tuntutan pensiunan PT Timah Tbk.

Pensiunan minta pelayanan kesehatan dikembalikan sama seperti sebelumnya yakni ditanggung pihak perusahaan sesuai perjanjian kerja bersama (PKB).

Ada juga tulisan yang mempertanyakan uang kesehatan pensiunan sebanyak Rp 355,56 miliar. Uang itu dipotong dari gaji pensiunan saat masih aktif sebagai karyawan.

PT Timah melalui Kabid SDM Eko Purwantoro mengatakan akan meneruskan usulan dan masukan pensiunan dan DPRD Babel ke pihak manajemen perusahaan.(day)

Editor: Dody
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help