Azzahra Pengumpul Medali Emas Terbanyak Buat Indonesia

Atlet renang Riau, Azzahra Permatahani menjadi pengumpul medali emas terbanyak buat kontingen Indonesia

Azzahra Pengumpul Medali Emas Terbanyak Buat Indonesia
facebook
Atlet renang puteri Azzahra Permatahani dan pelatihnya, David Armandoni 

BANGKAPOS.COM, DA NANG - Atlet renang Riau, Azzahra Permatahani menjadi pengumpul medali emas terbanyak buat kontingen Indonesia di ajang 39th SEA Age Group Swimming Championships.

Dalam kejuaraan renang yang berlangsung di Da Nang, Vietnam 4-6 Desember ini, Azzahra meraih lima medali emas dan 1 perak untuk kelompok umur II (14-16 tahun).

Bukan hanya meraih medali, Azzahra juga berhasil mempertajam rekor lomba nomor 400 m gaya ganti yang telah berusia 13 tahun atas nama Nimita Taveesupsoontorn.

"Azzahra berhasil memecahkan rekor pada kelompok umurnya yang sudah bertahan 13 tahun. Ini sebuah kemajuan. Anak ini memang punya potensi dan bisa berkembang lagi. Soalnya, rata-rata waktunya meningkat semua," kata David Armandoni, pelatih Azzahra seperti dikutip pekanbaru.tribunnews.com

Di hari terakhir lomba, Indonesia meraup lima medali emas melalui Azzahra (800 m gaya bebas KU II), Fauziah (50 m bebas KU III), Sofie Kemala (50 m punggung KU II), Putu Wirawan (50 m punggung KU III) dan Felicia (200 m gaya dada KU II).

Dengan perolehan 15 medali emas, 23 perak dan 18 perunggu, tim Indonesia berada di peringkat tiga di bawah Singapura yang mengumpulkan 41 emas, 41 perak dan 28 perunggu serta tuan rumah Vietnam dengan 29 emas, 24 perak dan 21 perunggu.

Pelatih tim Indonesia, Albert C. Sutanto menyebut secara kualitas para atlet muda Indonesia memang masih di bawah Singapura dan Vietnam. "Kita memang ketinggalan, tetapi saya pikir kita mulai mengejar," kata Albert.

"Secara kualitas, atlet-atlet Singapura dan Vietnam memang di depan kita. Tetapi kalau pembinaan kita untuk masa depan lebih baik, saya harap kita dapat mengejar mereka," kata Albert lagi.

Menurut pelatih kepala timnas, Hartadi Nurtjojo yang juga menyertai para atlet ke Vietnam, Singapura dan Vietnam memang mempersiapkan timnya dengan baik untuk ajang ini. "Vietnam bahkan tidak mengirimkan atletnya ke ajang Asean Schools Games di Brunei dua pekan lalu karena bertekad menjadi juara umum," kata Hartadi.

Di ajang Asean Schools Games 7 di Bandar Seri Begawan dua pekan lalu, Indonesia memang mendulang banyak medali emas melalui cabang renang.

Singapura mengirimkan 67 atlet ke Da Nang, tim Vietnam berkekuatan 52 atlet, sementara Indonesia mengirimkan 22 atlet putera dan puteri.

Berikut perolehan medali:
Singapura 41 41 28 110
Vietnam 29 24 21 74
Indonesia 15 23 18 56
Malaysia 13 1 11 27
Thailand 8 9 20 37
Filipina 2 2 7 11

Editor: edwardi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved