Hati-hati, Makanan Ini Bisa Bikin Tulang Anda Keropos

Mungkin Anda belum tahu ada makanan atau minuman ternyata bisa meningkatkan risiko osteoporosis.

Hati-hati, Makanan Ini Bisa Bikin Tulang Anda Keropos
thinkstockphotos.com
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Anda pasti sudah tahu bahwa kalsium dan vitamin D dibutuhkan untuk membangun tulang yang kuat.

Tapi, yang mungkin Anda belum tahu adalah ada makanan atau minuman yang sering kita konsumsi, ternyata bisa mengurangi kepadatan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis.

1. Terlalu banyak protein hewani

Anda perlu protein untuk membentuk tulang yang padat. Tapi, ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak protein, tubuh akan memroduksi senyawa bernama sulfat yang menyebabkan kalsium keluar dari tulang. Efek ini lebih banyak terjadi pada konsumsi protein hewani dibanding nabati.

Dalam studi yang dilakukan oleh Nurses Health Study II, dipimpin Harvard Medical School, ditemukan, bahwa mereka yang mengonsumsi daging merah sedikitnya lima kali dalam seminggu, lebih berisiko mengalami patah tulang dari mereka yang mengonsumsi daging merah hanya sekali seminggu. Studi ini dilakukan terhadap 116.686 wanita selama 10 tahun.

2. Peran kafein

Dalam sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Swedish Department of Toxicology’s National Food Administration, menemukan bahwa wanita yang minum 330 miligram kafein atau lebih per hari - setara dengan sekitar empat cangkir kopi, memiliki peningkatan risiko patah tulang.

Penelitian dilakukan terhadap 31.527 orang wanita usia 40-76 tahun. Risiko ini terutama terjadi pada wanita yang memiliki konsumsi rendah kalsium.

Para peneliti tidak menemukan hubungan antara konsumsi teh dan peningkatan risiko patah tulang. Salah satu alasannya, mungki karena kandungan kafein teh hanya setengah dari kopi.

3. Hati-hati fosfor

Halaman
123
Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved